UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT KOPI VIETNAM DRIP OTOMATIS MENGGUNAKAN PLC DAN HMI (Hardware)

Yusroni, (2017) RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT KOPI VIETNAM DRIP OTOMATIS MENGGUNAKAN PLC DAN HMI (Hardware). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusroni-48905-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusroni-48905-2-babi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusroni-48905-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yusroni-48905-4-babiii.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang diminati oleh hampir semua golongan masyarakat. Namun dalam penyajiannya masih dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu yang lama. Disamping itu, penyajian kopi secara manual harus memperkirakan banyaknya kopi, dan bahan campuran lainnya yang digunakan dalam secangkir kopi. Untuk mempermudah dalam penyajian kopi vietnam drip dapat dilakukan dengan cara membuat peralatan yang mampu menyediakan kopi vietnam drip secara otomatis. Untuk automasi alat yang mampu membuat kopi vietnam drip diperlukan suatu sistem kontrol. Dalam hal ini menggunakan PLC untuk mengatur otomatisasi mesin pembuat kopi vietnam drip serta menggunakan HMI untuk tampilan animasi pembuatannya hingga proses pembuatan selesai. PLC digunakan untuk mengatur semua penggerak yang terpasang pada alat. Sedangkan kerja dari limit switch sendiri sebagai start awal konveyor untuk memulai proses pembuatan kopi vietnam drip. Tidak hanya itu suhu air dapat terjaga pada suhu yang telah ditentukan yaitu berada pada suhu 80 oC hingga 96 oC dengan menggunakan thermostat, sedangkan sisa bahan akan ditampilkan pada handphone dengan menggunakan sensor ultrasonik untuk mengetahui sisa bahan pada alat serta sensor suhu DS18b20 untuk mengetahui suhu pada air . Dengan adanya alat pembuat kopi vietnam drip secara otomatis ini diharapkan untuk memudahkan penikmat kopi dalam melakukan pemilihan berbagai menu kopi vietnam drip yang sudah tersedia ditampilan menu pada HMI. Rata-rata pembuatan minuman kopi vietnam drip memerlukan waktu 3 menit untuk pembuatan kopi hitam, 3,5 menit untuk pembuatan kopi coklat dan 3,8 menit untuk pembuatan kopi susu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:28
Last Modified: 14 Nov 2017 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35669

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo