UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT KOPI VIETNAM DRIP OTOMATIS MENGGUNAKAN PLC DAN HMI (SOFTWARE)

SUDRAJAT, A. HAKAM (2017) RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT KOPI VIETNAM DRIP OTOMATIS MENGGUNAKAN PLC DAN HMI (SOFTWARE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahakamsudr-48942-1-pendahul-n.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahakamsudr-48942-2-babi.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahakamsudr-48942-3-babii.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahakamsudr-48942-4-babiii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak - Perkembangan teknologi digital saat ini kian meluas termasuk mencakup pada kegiatan sehari-hari. Otomatisasi merupakan sebuah trend di masyarakat untuk mempermudah kegiatan manusia. Efisiensi dan efektifitas menjadi hal mutlak dalam konsep otomatisasi. Saat membuat minuman yang membutuhkan pembubuhan bahan, baik gula, teh, maupun kopi, tentu membutuhkan waktu dalam proses pembuatannya, sementara berbagai aktifitas yang lebih penting telah menunggu. maka sebaiknya diperlukan alternatif mengganti aktifitas tersebut, misalnya dengan menyediakan mesin pembuat minuman otomatis. Seperti minuman kopi diminati oleh hampir semua golongan masyarakat. Seiring tingginya kesibukan masyarakat, segala sesuatu dituntut serba instan dan efisien. Maka dari itu untuk mendapatkan pengontrolan yang efisien, mudah, dan handal kita memerlukan suatu sistem kontrol otomatis, cepat dan akurat yaitu dengan menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) dan Human Machine Interface (HMI). PLC sudah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi untuk menggantikan fungsi relay, aplikasinya banyak dijumpai pada area industri proses, automobile, dan manufacture. Dengan adanya PLC proses pengontrolan yang semakin kompleks dan rumit dapat dilakukan serta dengan terintegritas Personal Computer (PC). Sementara itu dalam penelitian ini digunakan PLC dan HMI Omron untuk pembuatan kopi Vietnam Drip otomatis, dimana alat ini dirancang untuk mengatasi kebutuhan masyarakat akan kopi dengan proses penyajian yang efisien. Alat pembuat kopi Vietnam Drip otomatis berbasis PLC dan HMI ini merupakan sebuah alat yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam pembuatan kopi Vietnam Drip dalam kondisi panas. Alat ini dapat berjalan sendiri atau secara otomatis dengan hanya menyentuh pilihan menu kopi yang diinginkan. Perancangan alat ini bertujuan melakukan dan menguji sistem kendali berbasis PLC dan HMI untuk mengontrol serta memonitor proses pembuatan kopi Vietnam Drip otomatis mulai dari pemilihan jenis minuman kopi sampai proses pengadukan kopi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:24
Last Modified: 14 Nov 2017 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35668

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo