UMM Institutional Repository

PROGRAM "BINA LINGKUNG" DI SD NEGERI WATES 4 KOTA MOJOKERTO

HARIONO, RIO MEILDHA PUTRA (2017) PROGRAM "BINA LINGKUNG" DI SD NEGERI WATES 4 KOTA MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riomeildha-49081-1-pendahul-n.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riomeildha-49081-2-babi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riomeildha-49081-3-babii.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riomeildha-49081-4-babiii.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen terpenting di dalam pendidikan selain sekolah dan keluarga adalah masyarakat. Program "Bina Lingkung" dapat melibatkan masyarakat secara langsung dalam kegiatan sekolah karena program "Bina Lingkung" memiliki tujuan dasar yaitu menjadikan masyarakat sebagai bagian dari sekolah dan mempermudah akses siswa maupun orang tua siswa ke sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana program "Bina Lingkung" di SD negeri Wates 4 Kota Mojokerto dan mengukur dampak positif dan negatif dengan dijalankannya program "Bina Lingkung" di SD Negeri Wates 4 Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di SD Negeri Wates 4 Kota Mojokerto yang melibatkan kepala sekolah, guru kelas 1, dan lima masyarakat sekitar sekolah. Pembahasannya dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah program "Bina Lingkung" adalah program yang memudahkan akses pendidikan kepada masyarakat, yang memiliki kelebihan: (1) orang tua lebih mudah memantau anaknya, (2) meningkatkan hubungan orang tua dan guru, (3) memudahkan akses siswa saat ke sekolah, (4) orang tua dapat berpartisipasi disekolah, sedangkan kekurangannya adalah : (1) tidak ada seleksi siswa, (2) kuota sekolah terbatas, (3) program belum resmi dari pemerintah kota. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program "Bina Lingkung" memberikan banyak sisi positif bagi masyarakat sehingga pemerintah seharusnya lebih memperhatikan pelaksanaan program "Bina Lingkung"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:39
Last Modified: 17 Jan 2018 08:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35644

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo