UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN SISWA KELAS II SDN PURWANTORO 2 MALANG

FITRIANI, BUNGA (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN SISWA KELAS II SDN PURWANTORO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bungafitri-49090-1-pendahul-n.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bungafitri-49090-2-babi.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bungafitri-49090-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bungafitri-49090-4-babiii.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Kondisi lapangan menunjukan bahwa guru menggunakan cara mengajar langsung dimana guru menyiapkan peserta didik sebelum memulai pelajaran diikuti dengan pemberian materi serta latihan terbimbing, refleksi, latihan mandiri, dan evaluasi sehingga peserta didik terbiasa dengan cara mengajar langsung yang mengakibatkan peserta didik tidak terbiasa belajar bersama-sama menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Guru belum mencoba menggunakan model kooperatif tipe NHT yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk belajar sembari bermain. Peneliti memanfaatkan penelitian dengan melihat pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika tema keselamatan di rumah dan perjalanan menggunakan model kooperatif tipe NHT (2) bagaimana pengaruh model kooperatif tipe NHT terhadap pembelajaran matematika tema keselamatan di rumah dan perjalanan siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental dan menggunakan one-gruop pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sample sehingga sample dari penelitian ini adalah semua kelas 2a yang berjumlah 34 siswa. Semua kelas 2a diberikan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukan (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT dilakukan berdasarkan langkah-langkah NHT yaitu merancang pembelajaran, pembentukan kelompok dan pemberian nomer, memberikan materi dan bahan diskusi, mendiskusikan masalah yang diberikan, pemanggilan nomer dan menyimpulkan bersama-sama pembelajaran (2) hasil pengujian diperoleh data dengan taraf signifikasi 0,000 kurang dari 5% (0,05). Hasil ini menunjukan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model kooperatif tipe NHT terhadap pembelajaran matematika tema keselamatan di rumah dan perjalanan siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Malang. Hasil penelitian tentang model kooperatif tipe NHT disarankan untuk digunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Nov 2017 06:33
Last Modified: 10 Nov 2017 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35637

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo