UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDAMPING PADA TEMA 5 KELAS 4 SEKOLAH DASAR

ANGGRAENI, NINDI RIZKI TANTY (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDAMPING PADA TEMA 5 KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindirizki-49353-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindirizki-49353-2-babi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindirizki-49353-3-babii.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nindirizki-49353-4-babiii.pdf

Download (907kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas 4 SDN Purwantoro 4 Malang serta wawancara dengan guru kelas 4 bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran berupa buku siswa dan LKS saja, materi yang ada pada buku siswa berisi materi pokok yang mempunyai cakupan kurang luas. Terdapat beberapa materi yang kurang dipahami oleh siswa dalam proses pembelajaran pada tema 5 (pahlawanku) khususnya pada mata pelajaran IPS, PPKn, dan Bahasa Indonesia yang disebabkan karena kurangnya cakupan materi pada buku siswa. Sehingga diperlukan adanya bahan ajar tambahan untuk menunjang proses pembelajaran agar siswa lebih memahami materi yang belum dikuasai tersebut. Dari paparan diatas peneliti mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar pendamping yang diperlukan pada pembelajaran tematik tema 5 (pahlawanku) kelas 4 agar siswa lebih menguasai materi yang belum dipahami pada pembelajaran tema 5 (pahlawanku) tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar pendamping pada tema 5 kelas 4 sekolah dasar serta respon siswa terhadap buku ajar pendamping tema 5 kelas 4 sekolah dasar. Buku ajar pendamping pada tema 5 kelas 4 sekolah dasar menggunakan model pengembangan Research & Development (R&D ) dari teori Borg and Gall yang dimodivikasi menjadi 7 langkah penelitian, yaitu : 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4)validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengembangan buku ajar pendamping tema 5 (pahlawanku) kelas 4 sekolah dasar memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase yang diperoleh dari validasi ahli bahan ajar 96,05% dengan skor 4 sebanyak 16 dan skor 3 sebanyak 1, validasi ahli materi menghasilkan 93,05% dengan skor 4 sebanyak 26 dan skor 3 sebanyak 10, validasi ahli pembelajaran menghasilkan 82,9% dengan skor 4 sebanyak 15 dan skor 3 sebanyak 4, serta mendapatkan rata-rata respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 100% dan uji coba kelompok besar mendapatkan 98,62%, sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar pendamping yang dikembangkan pada tema 5 (pahlawanku) kelas 4 dapat digunakan sebagai bahan ajar yang menunjang proses pembelajaran di kelas 4 SDN Purwantoro 4 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:43
Last Modified: 09 Nov 2017 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35623

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo