UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN BUKU SAKU TEMBANG DOLANAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS 4 SDN GIRIMOYO 02 KARANGPLOSO MALANG

ANUGRO, BAYU (2017) PENGEMBANGAN BUKU SAKU TEMBANG DOLANAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS 4 SDN GIRIMOYO 02 KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bayuanugro-49416-1-pendahul-n.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bayuanugro-49416-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bayuanugro-49416-3-babii.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bayuanugro-49416-4-babiii.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Tembang Dolanan merupakan salah satu cara melestarikan budaya Jawa berupa tembang dolanan. Salah satu cara untuk membentuk karakter anak adalah melalui tembang dolanan. Nilai moral yang disisipkan dalam lirik tembang dolanan ini dimaksudkan untuk mendidik perkembangan afektif anak. Penggunaan media yang menarik dan lebih variatif akan mempengaruhi pembelajaran. Oleh karena itu, pengembangan media menjadi penting dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana menghasilkan produk buku saku tembang dolanan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk buku saku tembang dolanan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan Borg & Gall. Pengembangan ini dilakukan melalui tujuh tahap yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) Perencanaan pengembangan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Revisi hasil evaluasi ahli, (5) Uji coba kelompok kecil (6) Revisi hasil uji coba kelompok kecil, (7) Uji coba kelompok besar, (8) Produk akhir berupa media buku saku tembang dolanan. Data mengenai kebutuhan media dikumpulkan dengan beberapa langkah yaitu dengan observasi dan penyebaran angket kepada guru kelas dan peserta didik. Sedangkan data uji ahli produk dianalisis menggunakan teknik deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian produk dari ahli materi sebesar 92.5 % termasuk ke dalam kriteria valid dan dari ahli media sebesar 71.66% menunjukkan kriteria valid. Selanjutnya produk diperbaiki sesuai saran dari ahli. Produk yang telah direvisi kemudian diujicobakan kepada subjek kelompok kecil dan besar. Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh data persentase keseluruhan 81,25 % menunjukkan kriteria valid dan kelompok besar memperoleh persentase keseluruhan 85,13 % menunjukkan kriteria valid. Semua hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media buku saku tembang dolanan dapat digunakan sebagai sumber belajar kelas IV SDN Girimoyo 02.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:37
Last Modified: 08 Nov 2017 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35609

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo