UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS III SDN TORONGREJO 01 BATU

MUSLIM, NURKOMARIA MUHAMMAD (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS III SDN TORONGREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkomaria-49785-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkomaria-49785-2-babi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkomaria-49785-3-babii.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkomaria-49785-4-babiii.pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

Pada saat pembelajaran di kelas terjadinya komunikasi satu arah yaitu antara guru dengan siswa, tingkat kerjasama siswa di kelas III SDN Torongrejo 01 Batu masi sangat rendah dikarenakan kurangnya interaksi dan aktivitas kerjasama yang terjadi pada saat proses belajar mengajar di kelas yang dapat meningkatkan kerjasama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT di kelas III SDN Torongrejo 01 Batu. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan di terapkannya model pembelajaran TGT di kelas III SDN Torongrejo 01 Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas III SDN Torongrejo 01 Batu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei- juni 2017. Tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari satu pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatan kerja sama dan intraksi peserta didik. Penerapan model pembelajaran TGT sesuai dengan sintak/langkah-langkah pembelajaran yang sudah di rancang. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 83.3 %, sedangkan pada siklus ke II pertemuan kedua persentase aktivitas guru mencapai 96.4% . Aktivitas guru dari siklus I sampai siklus II pertemuan kedua meningkat. (2) Model pembelajaran TGT ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Banyak siswa yang mendapatkan nilai lebih dari 70, yang merupakan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini dapat dilihat dari Evaluasi siklus I dan siklus II . pada siklus I menunjukan siswa yang tuntas belajar adalah 22 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 65%. sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 29 siswa dengan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85% . Dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Torongrejo 01 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:34
Last Modified: 08 Nov 2017 03:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35601

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo