UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU PENDAMPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS 4 SD

RAHMAWANTI, ISNA (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU PENDAMPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS 4 SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnarahmaw-49794-1-pendahul-n.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kartikanaw-47273-2-babi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnarahmaw-49794-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-isnarahmaw-49794-4-babiii.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan kegiatan mengajar dengan memadukan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Untuk saat ini, keberadaan buku tematik masih sulit ditemukan oleh sekolah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar buku pendamping bertematik yang akan digunakan siswa sebagai referensi sumber belajar di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar buku pendamping pada pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku) untuk kelas 4 SD. Pengembangan ini berpedoman pada Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator dan Tujuan Pembelajaran pada buku tematik kelas 4 tema 8 pembelajaran 1-3. Prosedur pengembangan bahan ajar buku pendamping pada pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter ini menggunakan langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Akan tetapi, untuk penelitian ini hanya dibatasi hanya sampai 7 langkah meliputi : 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi ahli, 5) revisi desain, 6) uji coba desain, 7) revisi desain. Uji coba produk dilakukan pada kelas IV SD Muhammadiyah 08 DAU Malang dengan jumlah subjek uji coba 22 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli bahan ajar diperoleh sebesar 67% dengan kategori baik, hasil penilaian oleh ahli pembelajaran tematik sebesar 57% dengan kategori cukup, dan hasil penilaian oleh ahli materi (guru kelas 4 SD) sebesar 91% dengan kategori sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Uji coba pemakaian pada siswa kelas 4 didapatkan hasil sebesar 90,9% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penilaian di atas dapat diartikan bahwa bahan ajar buku pendamping pada pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter siswa kelas 4 SD ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan perlu dikembangkan bahan ajar buku pendamping berbasis pendidikan karakter pada tema-tema yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:24
Last Modified: 08 Nov 2017 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35597

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo