UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOUCH AND PLAY 3D IMAGES BERBASIS ADOBE FLASH MATERI PANCA INDERA KELAS IV SEKOLAH DASAR

IZZAH, ILMIAH NUR (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOUCH AND PLAY 3D IMAGES BERBASIS ADOBE FLASH MATERI PANCA INDERA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmiahnuri-49795-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmiahnuri-49795-2-babi.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmiahnuri-49795-3-babii.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmiahnuri-49795-4-babiii.pdf

Download (852kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di kelas IV SDN Sukorejo IV, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan belum maksimal, sehingga siswa kurang termotivasi saat proses pembelajaran terjadi. Perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media touch and play 3D images berbasis adobe flash materi panca indera kelas IV Sekolah Dasar, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media touch and play 3D images berbasis adobe flash materi panca indera kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dan model penelitian yang digunakan adalah R&D Borg and Gall. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas IV SDN Sukorejo IV Kab. Pasuruan, tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 15 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, uji coba produk dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pengembangan media touch and play 3D images berbasis adobe flash materi panca indera kelas IV Sekolah Dasar menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan dalam Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan, tetapi yang digunakan dalam penelitian ini hanya 7 tahapan karena sudah dimodifikasi, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Media touch and play 3D images pada mata pelajaran IPA materi panca indera kelas IV sekolah dasar termasuk dalam kategori layak pakai. Uji kevalidan oleh ahli materi mendapatkan presentase nilai 83,3% termasuk dalam kategori valid. Uji kevalidan oleh ahli media mendapatkan presentase nilai 87,5% termasuk dalam kategori valid. Uji kevalidan oleh ahli pembelajaran mendapatkan presentase nilai 97,2% termasuk dalam kategori valid. Hasil rata-rata dari respon siswa menunjukkan presentase nilai 97,61% termasuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan, media touch and play 3D images berbasis adobe flash materi panca indera kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:20
Last Modified: 08 Nov 2017 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35596

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo