UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI BIMBINGAN BELAJAR SHINKENJUKU MALANG

CHRISTIANTI, FUNGKY HERI (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI BIMBINGAN BELAJAR SHINKENJUKU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fungkyheri-49802-1-pendahul-n.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fungkyheri-49802-2-babi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fungkyheri-49802-3-babii.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fungkyheri-49802-4-babiii.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami oleh peserta didik karena mereka sering merasa jenuh ketika mengikuti mata pelajaran ini. Maka dari itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang efektif dalam mengajarkan pelajaran matematika adalah model pembelajaran kontruktivisme. Model pembelajaran kontruktivisme yaitu siswa mampu memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya, dan bergelut dengan ide-ide yaitu siswa harus mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan penerapan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran matematika yang dikembangkan di Bimbingan Belajar Shinkenjuku Malang dan mengetahui daya dukung dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh pengajar dalam penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data , reduksi, penajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6-18 April 2017 yang berlokasi di Bimbingan Belajar Shinkenjuku Malang dengan sumber data Tutor, Branch Manager dan Siswa. Prosedur Pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Bimbingan belajar Shinkenjuku sudah menerapkan beberapa bentuk model pembelajaran kontruktivisme, seperti: Self-learning, dimana siswa belajar mengembangkan ide dan pokok-pokok pikirannya sendiri, Fun-learning, guru atau tutor menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, Start from their own level. Belajar dari level sesuai kemampuan siswa., Assisted Learning. Perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi dan percakapan siswa dengan lingkungan di sekitarnya, baik dengan teman sebaya, tutor, atau orang lain dalam lingkungannya, Accelerated Learning. Selain dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkann namun dalam pembelajaran Shinkenjuku dengan cepat dapat memahami materi belajar dengan cepat dan tepat. Selain itu di bimbingan Shinkenjuku Malang memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga mempermudah proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Namun terdapat penghambat dalam pembelajaran kontruktivisme salah satunya jika salah satu siswa kurang semangat belajar, kondisi ini akan mempengaruhi siswa yang lain, sehingga dapat menjadi dapak buruk pada kelompok tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:09
Last Modified: 08 Nov 2017 02:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35592

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo