UMM Institutional Repository

ANALISIS PERTUKARAN PENGAJARAN DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA TEMA MENGENAL OLAHRAGA DAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III SDN PURWANTORO 1 MALANG

WIANTI, HERNI TRI (2017) ANALISIS PERTUKARAN PENGAJARAN DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA TEMA MENGENAL OLAHRAGA DAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III SDN PURWANTORO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hernitriwi-47448-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hernitriwi-47448-2-babi.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hernitriwi-47448-3-babii.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hernitriwi-47448-4-babiii.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Pertukaran pengajaran merupakan aspek penting dalam interaksi belajar mengajar di kelas. Pembelajaran dapat berlangsung dengan baik apabila di dalamnya terdapat interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu diperhatikan penggunaan pertukaran pengajaran dalam interaksi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertukaran pengajaran bebas dan pertukaran pengajaran terikat dalam interaksi belajar mengajar pada tema mengenal olahraga dan permainan tradisional di kelas III SDN Purwantoro 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pertukaran pengajaran bebas yang mempunyai enam subkategori sudah diterapkan pada kelas III SDN Purwantoro 1 Malang yakni keterangan guru, pengarahan, pancingan guru, pancingan siswa, keterangan siswa dan pemeriksaan. Subkategori pertukaran pengajaran bebas yang lebih banyak digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar yaitu pancingan guru dan pengarahan guru, (2) pertukaran terikat yang mempunyai lima subkategori sudah diterapkan pada kelas III SDN Purwantoro 1 Malam yakni reinisasi (i), reinisasi (ii), pendaftaran, pengulangan dan penguatan. Subkategori pertukaran terikat yang lebih banyak digunakan dalam interaksi belajar mengajar yaitu subkategori pendaftaran dan pengulangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:02
Last Modified: 06 Nov 2017 06:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35575

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo