UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA PAPAN WAYANG PADA SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 01 BATU

HANDAYANI, GITA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA PAPAN WAYANG PADA SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitahanday-48113-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitahanday-48113-2-babi.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitahanday-48113-3-babii.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitahanday-48113-4-babiii.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Punten 01 Batu pada materi penjumlahan bilangan bulat masih cukup rendah. Hasil belajarnya yaitu dari 30 siswa, terdapat 13 siswa atau 43,3% yang mendapat nilai di atas KKM yaitu 71. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan saat pembelajaran adalah belum bersifat konkret yaitu gambar dan video. Sehingga perlu adanya peningkatan hasil belajar melalui media konkret yaitu papan wayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengukur, dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat menggunakan media papan wayang di SDN Punten 01 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN Punten 01 Batu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017 dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu 86,7% melebihi indikator keberhasilan yang ingin dicapai yakni 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran penjumlahan bilangan bulat melalui papan wayang dengan teknik permainan menggunakan 5 tahapan pembelajaran yaitu: (a) orientasi permasalahan; (b) perencanaan cara penyelesaian; (c) mengorganisasi siswa untuk belajar; (d) pemecahan masalah (eksplorasi); (e) evaluasi/refleksi. (2) Hasil belajar siswa meningkat pada indikator; (a) mengurutkan bilangan bulat; (b) membandingkan bilangan bulat; (c) menjumlahkan bilangan bulat dengan hasil maksimal bilangan 10 sampai bilangan -10. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil post test siklus I yaitu 19 siswa atau 63,3% tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 26 siswa atau 86,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan bulat menggunakan media papan wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Punten 01 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:10
Last Modified: 02 Nov 2017 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35565

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo