UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN PERMAINAN TONGKAT BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD

AMALIA, MEITA NUR (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN PERMAINAN TONGKAT BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meitanuram-48117-1-pendahul-n.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meitanuram-48117-2-babi.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meitanuram-48117-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meitanuram-48117-4-babiii.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di SDN Cangkringmalang II dengan guru kelas IV pada tanggal 06 Desember 2016 saat pembelajaran Bahasa Indonesia kegiatan di dominasi berpusat pada guru, pernah menggunakan model kooperatif CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), kurangnya siswa dalam berdiskusi, kurangnya siswa dalam memahami pokok-pokok pikiran, sehingga perlu adanya upaya pengembangan model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pengembangan model pembelajaran CIRC dengan permainan tongkat berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Sebagai sumber data adalah siswa kelas IV SDN Cangkringmalang II tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 orang.Penelitian dilakukan pada tanggal 08 Maret 2017.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan model pembelajaran CIRC dengan permainan tongkat berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Cangkringmalang II membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai modus (nilai yang sering keluar) sebesar 3 yang berarti aktif, (2) pengembangan model pembelajaran CIRC dengan permainan tongkat berbicara dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi membaca pemahaman. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t-test dengan nilai 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan terhadap hasil belajar siswa.Hasil penelitian pengembangan model pembelajaran CIRC dengan permainan tongkat berbicara untuk dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran dan bimbingan belajar Bahasa Indonesia serta mengembangkan model pembelajaran lain yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran khususnya materi membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:02
Last Modified: 02 Nov 2017 02:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35559

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo