UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN REALISTIK MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN TULUSREJO 2 MALANG

KHOIRO, NILA LAILATUL (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN REALISTIK MATERI LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN TULUSREJO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilalailat-48119-1-pendahul-n.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilalailat-48119-2-babi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilalailat-48119-3-babii.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nilalailat-48119-4-babiii.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Materi bangun datar merupakan materi dasar pada mata pelajaran matematika. Rendahnya persentase kelulusan pada materi bangun datar akan mempersulit peserta didik pada materi selanjutnya. Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah materi. Materi yang diajarkan pada pembelajaran ini adalah materi bangun datar. Penanaman materi tersebut diterapkan menggunakan pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran tersebut dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga mempermudah proses belajar mengajar. Pembelajaran realistik adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam penyampaian materi bangun datar. Tujuan penelitian mengenai pembelajaran realistik yaitu untuk mendeskripsikan pembelajaran realistik dalam materi luas bangun datar, untuk menjelaskan respon peserta didik dalam pembelajaran realistik, dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Tulusrejo 2 Kota Malang tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah 35 anak. Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan dan pelaksanaan dengan diawali kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dianalisis adalah persentase mengenai aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan karakteristik, prinsip dan langkah-langkah pembelajaran realistik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas guru mencapai 82.50% dengan interpretasi baik. (2) respon peserta didik dalam pembelajaran realistik terlihat aktif, ditinjau dari hasil afektif, psikomotor, unsur kooperatif dan unsur individual. Selain itu data tersebut diperkuat dengan hasil persentase aktivitas peserta didik mencapai 76.15% dengan interpretasi baik. (3) pembelajaran realistik dapat mempermudah peserta didik dalam penyerapan materi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai kognitif peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 72.57% dengan interpretasi tuntas dan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:56
Last Modified: 02 Nov 2017 01:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35557

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo