UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA RINTIK (JARING-JARING STIK) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT KELAS V DI SDN BABAT 7 LAMONGAN

EL HANIF, ABID AMANULLOH (2017) PENGEMBANGAN MEDIA RINTIK (JARING-JARING STIK) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT KELAS V DI SDN BABAT 7 LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abidamanul-48145-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abidamanul-48145-2-babi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abidamanul-48145-3-babii.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abidamanul-48145-4-babiii.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Keabstrakan matematika menjadi salah satu hambatan yang memerlukan peran guru untuk merubah konsep abstrak menjadi konkret terutama pada materi perkalian bilangan bulat, dimana karakteritik siswa dalam memahami materi berbeda-beda sehingga melalui ketepatan pemilihan, pengadaan, serta penggunaan media pembelajaran diharapkan akan mempermudah penguasaan konsep materipembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang tepat untuk menjelaskan konsep abstrak matematika dasar adalah dengan menggunakan benda-benda manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran rintik (Jaring-jaring Stik) pada materi perkalian bilangan bulat kelas V di SDN Babat 7 Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model prosedural. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan sembilan tahap, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media yang dikembangkan sangat aman dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika materi perkalian bilangan bulat kelas V Sekolah Dasar berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, maupun ahli pembelajaran. (2) respon yang diberikan siswa dalam uji coba kelompok kecil memberikan penilaian melalui pilihan jawaban (ya) dan (tidak) dengan jumlah skor 87 dengan persentase tingkat pencapaian 87% sementara uji coba kelompok besar memberikan pilihan jawaban (ya) dengan total skor 271 dan persentase tingkat pencapaian 90,3%. Skor ini menunjukkan kualitas media yang dikembangkan memenuhi kualitas baik sekali dengan kriteria sangat layak sebagai alternatif media pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:25
Last Modified: 01 Nov 2017 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo