UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN I TEMUGURUH - BANYUWANGI

HARIRI, CITRA APRIOVILITA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN I TEMUGURUH - BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraaprio-48146-1-1.pendah-n.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraaprio-48146-2-1.babi.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraaprio-48146-3-2.babii.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citraaprio-48146-4-3.babiii.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN I Temuguruh-Banyuwangi menekankan pada guru sebagai sumber belajar sehingga mengakibatkan siswa bosan terhadap pembelajaran dan pemahaman belajar IPA menjadi rendah. Oleh karena itu diperlukan upaya dalam peningkatan pemahaman belajar yaitu dengan model pembelajaran experiential yang menekankan pada pengalaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran experiential untuk meningkatkan pemahaman belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN I Temuguruh-Banyuwangi, dan (2)peningkatan pemahaman belajar IPA melalui model pembelajaran experientialpada siswa kelas V SDN I Temuguruh-Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN I Temuguruh-Banyuwangi yang berjumlah 19 orang, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada 13-25 Maret 2017 dalam dua siklus tindakan, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran experiential dengan empat tahap yaitu pengalaman konkret, observasi refleksi, konseptualisasi abstrak, dan percobaan aktif memberikan dampak siswa lebih berani dalam menyampaikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dan percobaan yang siswa lakukan. Siswa lebih mampu mengaitkan materi IPA dengan pengalaman sehari-hari. (2) Peningkatan pemahaman belajar IPA menggunakan model pembelajaran experiential dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Nilai rata-rata siswa pra tindakan yaitu 72,2, menjadi 73,4 pada siklus 1, dan menjadi 79,6 pada siklus 2.Selanjutnya dari 19 siswa kelas V yang mendapatkan diatas KKM yaitu 9 orangatau 47,4% berpredikat kurang, menjadi 11 orang atau 57,8% berpredikat cukuppada siklus 1, dan menjadi 15 orang atau 78,9% berpredikat baik pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:13
Last Modified: 01 Nov 2017 04:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35550

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo