UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA DI SDN PUNTEN 01 BATU

AISYAH, DWI AJENG VENY (2017) ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA DI SDN PUNTEN 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiajengve-48147-1-pendahul-n.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiajengve-48147-2-babi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiajengve-48147-3-babii.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiajengve-48147-4-babiii.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa tak terkecuali bagi siswa tunagrahita. Karena dengan membaca siswa dapat belajar banyak terhadap berbagai bidang studi yang diajarkan disekolah. Sehingga dengan pelaksanaan pembelajaran membaca yang sesuai akan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca siswa tunagrahita di SDN Punten 01 Batu (2)mendeskripsikan kendala pada pelaksanaan pembelajaran membaca siswa tunagrahita di SDN Punten 01 Batu (3) mendeskripsikan upaya penyelesaian terhadap kendala pada pelaksanaan pembelajaran membaca siswa tunagrahita di SDN Punten 01 Batu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaiman adanya. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa tunagrahita, 4 siswa tunagrahita laki-laki, 1 siswa tunagrahita perempuan dan 1 guru pembimbing khusus (GPK). Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran membaca siswa tunagrahita di SDN Punten 01 Batu masih kurang efektif karena menggunakan buku tematik sebagai sumber belajar membaca. Materi membaca yang diberikan disesuaikan sendiri oleh GPK, tidak mengacu pada buku tematik. Pada pelaksanaan pembelajaran membaca, GPK menggunakan media flash card untuk mempermudah pemahaman siswa. Pendekatan yang digunakan pada pembelajaran membaca adalah pendekatan yang berpusat pada guru. Untuk strategi yang digunakan, GPK menggunakan strategi pembelajaran langsung. Serta menggunakan metode demonstrasi dan metode latihan. (2) kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca siswa tunagrahita di SDN Punten 01 Batu adalah dari waktu, sumber belajar yang tidak disesuaikan dengan kemampuan siswa, sikap siswa yang terkadang malas, serta konsentrasi siswa yang kadang tidak bisa fokus, (3) upaya penyelesaian akan dilaksanakan dengan bekerja sama dengan orang tua wali murid siswa tunagrahita serta pemberian sanksi-sanksi sebagai upaya dalam penyelesaian permasalahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:10
Last Modified: 01 Nov 2017 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35549

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo