UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN KELAS PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN MINGGIRAN 1 KABUPATEN KEDIRI

RAHMAWATI, EFRIRA (2017) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN KELAS PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN MINGGIRAN 1 KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrirarahm-48149-1-pendahul-n.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrirarahm-48149-2-babi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrirarahm-48149-3-babii.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-efrirarahm-48149-4-babiii.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penerapan manajemen kelas di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri menjadi tanggung jawab dan tugas guru kelas sebagai guru utama yang setiap harinya berada di sekitar peserta didik dalam proses pendidikan sehingga guru kelas lebih bisa memahami proses pembelajaran. Penerapan manajemen kelas diterapkan untuk dapat mencapai keberhasilan pembelajaran efektif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun pada kenyataannya guru kelas mempunyai hambatan dalam penerapan manajemen kelas yaitu kurangnya media pembelajaran dan tipe guru yang kurang hangat dan antusias. Penelitian ini bertujuan untuk: “Mendeskripsikan penerapan manajemen kelas, faktor pendukung, dan faktor penghambat yang dilakukan guru kelas 1-6 dalam penerapan manajemen kelas di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri ”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah penerapan manajemen kelas di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri. Sumber data yaitu guru kelas I-VI yang berjumlah 6 orang di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri . Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen kelas telah diterapkan sesuai dengan kaidah atau teori, serta pola penerapan manajemen kelas di SD yang seharusnya, tetapi pada pelaksanaannya kurang maksimal. Guru selalu mengontrol aktivitas belajar peserta didik, mengatur posisi tempat duduk, menempatkan media pembelajaran dengan baik, mengkondusifkan kelas, mengajar sesuai dengan ketrampilan mengajar, dan cara mengajar yang diterapkan menyenangkan. (2) Faktor pendukung dalam penerapan manajemen kelas di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri yaitu suasana belajar yang tercipta kondusif. Selain itu, jumlah siswa sedikit memudahkan guru dalam mengatur kelas. Penempatan tempat duduk yang benar memudahkan siswa mendengarkan dan melihat apa yang dilakukan di depan kelas baik oleh siswa maupun guru. (3)Faktor penghambat dalam penerapan manajemen kelas di SDN Minggiran 1 Kabupaten Kediri yaitu fasilitas belajar yang kurang lengkap, tipe guru yang kurang hangat dan antusias, kebiasaan-kebiasaan buruk yang diperoleh siswa di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:03
Last Modified: 01 Nov 2017 04:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35547

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo