UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL POLYA PADA KELAS V DI SDN SISIR 06 BATU

FATMAWATI, FARAH PANDU (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL POLYA PADA KELAS V DI SDN SISIR 06 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farahpandu-48153-1-pendahul-n.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farahpandu-48153-2-babi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farahpandu-48153-3-babii.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farahpandu-48153-4-babiii.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya bahwa pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita bilangan pecahan di SDN Sisir 06 Batu masih cukup rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model Polya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi soal cerita bilangan pecahan. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran konvensional. Guru cenderung meminta siswa untuk langsung mengerjakan tanpa diminta memahami konsep dalam soal cerita dan kurangnya ketelatenan guru dalam membimbing satu persatu siswa untuk bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan, sehingga siswa pasif mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Bilangan Pecahan melalui Model Polya Pada Kelas V di SDN Sisir 06 Batu”. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang melibatkan dari beberapa pihak yakni kepala sekolah, peneliti sebagai guru model, guru mata pelajaran matematika dan guru teman sejawat. Penelitian ini dirancang dalam bentuk siklus untuk mencapai suatu taraf keberhasilan dari tindakan yang sudah ditentukan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu 32 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan serta 2 observer selama penelitian. Analisis data dalam penelitian ini yakni, analisis kuantitatif menggunakan ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Analisis kualitatif melalui 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, presentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus I mencapai 23% dan pada siklus 2 mencapai 93%. Ketuntasan hasil belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas yaitu 75% artinya terjadi peningkatan hasil belajar yang bermakna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi soal cerita bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:30
Last Modified: 01 Nov 2017 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35544

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo