UMM Institutional Repository

PENGARUH MEDIA LKS BERBASIS MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG 1 KEC. JABUNG KAB. MALANG

PRABAWATI, RIZKY NADYA (2017) PENGARUH MEDIA LKS BERBASIS MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG 1 KEC. JABUNG KAB. MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkynadya-48174-1-pendahul-n.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkynadya-48174-2-babi.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkynadya-48174-3-babii.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkynadya-48174-4-babiii.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Keberadaan LKS IPA digunakan sebagai media untuk mengerjakan soal sekaligus sebagai sumber belajar. Penggunaannya masih belum efektif sebagai sarana pembelajaran, karena materi yang terdapat dalam LKS dirasa belum lengkap. Berdasarkan masalah tersebut maka diharapkan terdapat suatu alternatif yang dapat meningkatkan kualitas belajar siswa, adapun alternatif tersebut yaitu dengan menggunakan LKS berbasis model take and give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media LKS berbasis model take and give terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jabung 1 Kec.Jabung Kab.Malang, dan besar pengaruh penggunaan media LKS berbasis model take and give. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling . Sebagai populasi data, dipilih siswa kelas V SD Negeri Jabung 1 Kec.Jabung Kab.Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 44. Yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VB dengan jumlah 23 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VA dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2017. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan nontes berupa kuesioner respon siswa terhadap penggunaan media LKS berbasis model take and give. Hasil penelitian menunujukkan (1) pada uji hipotesis yang menggunakan uji t, hasilnya sebesar 0,032 dengan taraf signifikan 5%. Terlihat bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) besar pengaruh penggunaan LKS berbasis model take and give terhadap hasil belajar IPA memberikan kontribusi sebesar 47,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:33
Last Modified: 31 Oct 2017 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35538

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo