UMM Institutional Repository

ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS I B SEKOLAH DASAR NEGERI PURWANTORO 1 KOTA MALANG

KURNIASANTI, RIZKY IKA (2017) ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS I B SEKOLAH DASAR NEGERI PURWANTORO 1 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyikaku-48175-1-pendahul-n.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyikaku-48175-2-babi.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyikaku-48175-3-babii.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyikaku-48175-4-babiii.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013, maka berubah pula sistem penilaiannya. Kurikulum 2013 menganggap bahwa penilaian autentik adalah penilaian yang tepat untuk menilai hasil belajar peserta didik. SDN Purwantoro 1 Kota Malang telah menerapkan kurikulum 2013, maka penilaian yang digunakan yaitu penilaian autentik. Peneliti menemukan adanya beberapa temuan yang menyatakan bahwa pada kelas I B telah menggunakan penilaian autentik dengan baik. Hal tersebut diketahui dari adanya karya-karya peserta didik yang ditempel di dinding kelas dan kondisi pembelajaran yang ada serta rancangan pelaksanaan pembelajaran yang mendukung untuk pelaksanaan penilaian autentik sebagai tuntutan dari kurikulum 2013, maka peniliti melakukan analisis tentang penilaian autentik yang ada di SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013, mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 serta mengetahui solusi yang dilakukan dalam proses penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada kelas I B SDN Purwantoro 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu guru kelas I B, peserta didik kelas I B dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan ketekunan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri dan jurnal, penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tulis, tes lisan dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik tes praktik, projek dan portofolio. (2) faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik yaitu cara mengajar guru, kreativitas guru dan karakteristik peserta didik. (3) faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yaitu waktu dan kelengkapan instrumen penilaian. (4) solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu dengan melakukan pelatihan tentang penilaian autentik. Hasil penelitian ini, disarankan untuk dipergunakan sebagai perbaikan sekolah dalam melaksanakan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:22
Last Modified: 31 Oct 2017 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35537

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo