UMM Institutional Repository

ANALISIS KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PBL PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN DINOYO 3 MALANG

FARDIANI, SAVINA NURMA (2017) ANALISIS KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PBL PADA HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN DINOYO 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-savinanurm-48178-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-savinanurm-48178-2-babi.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-savinanurm-48178-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-savinanurm-48178-4-babiii.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya bahwa karakteristik siswa kelas III di SDN Dinoyo 3 Malang memiliki kerja sama dan tingkat penyelesaian masalah yang rendah, sehingga perlu adanya perbaikan melalui model pembelajaran. Diketahui bahwasannya guru kelas III sudah pernah menerapkan model pembelajaran STAD dengan PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan kombinasi model pembelajaran STAD dengan PBL (2) kendala guru dalam pelaksanaan model pembelajaran STAD dengan PBL (3) upaya guru dalam mengatasi kendala penerapan model pembelajaran tipe STAD dengan PBL (4) mengetahui hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran STAD dengan PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas III SDN Dinoyo 3 Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa, guru kelas III dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan kmbinasi model pembelajaran tipe STAD dengan PBL pada pembelajaran tematik membuat siswa semakin meningkat dalam bekerja sama dan penyelesaian masalah. Hal ini ditunjukan dengan nilai kognitif siswa yang mencapai ketuntasan yang mencapai nilai diatas KKM. (2) kendala dalam penerapan model pembelajaran STAD dengan PBL yaitu pengkondisian siswa saat diluar kelas maupun di dalam kelas. (3) upaya guru dalam mengatasi kendala adalah dengan memberikan peringatan atau nasehat kepada siswa yang bersangkutan. (4) hasil belajar peserta didik kelas III dengan menggunakan model STAD dan PBL mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:49
Last Modified: 31 Oct 2017 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35534

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo