UMM Institutional Repository

ANALISIS KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SDN MULYOREJO 1 MALANG

FADHLI, SYAMSUDIN (2017) ANALISIS KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SDN MULYOREJO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsudinf-48179-1-1pendah-n.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsudinf-48179-2-babi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsudinf-48179-3-babii.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-syamsudinf-48179-4-babiii.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dewasa ini hanya menghasilkan kecerdasan intelektual saja, terlihat dari semakin berkurangnya empati dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga perlu dikembangkan pendidikan karakter yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa, sehingga kelak mereka bisa menjadi manusia yang bertaqwa, jujur, adil, tanggung jawab, disiplin, kreatif, mampu bekerja sama dan berfikiran visioner. Salah satu mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter adalah muatan lokal Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan pendidikan karakter, mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa dan mendiskripsikan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih peserta didik kelas V di SDN Mulyorejo 1 Malang, tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 45 siswa, guru Bahasa Jawa kelas V dan kepala sekolah SDN Mulyorejo 1 Malang. Pengumpulan data dilakukan melaui human instrument dan kuesioner. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa diawali dengan menyanyikan “lagu dolanan”, pada inti pembelajaran siswa belajar dengan cara membaca dan memahami materi sehingga peserta didik dapat mengambil tauladan dari cerita untuk diimplementasikan dalam kehidupan seharihari. (2) Nilai-nilai karakter pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SDN Mulyorejo 1 Malang terdapat 10 nilai karakter, yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab. (3) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Jawa adalah kurangnya pemahaman siswa tentang kosakata bahasa Jawa, siswa belum terbiasa menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar sesuai kaidah, kurangnya unggah-ungguh dan pembiasaan menggunakan Bahasa Jawa krama inggil dalam berkomunikasi terhadap guru atau orang yang lebih tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:46
Last Modified: 31 Oct 2017 02:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35533

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo