UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA ROPUTAR PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

HASTUTI, TRI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA ROPUTAR PADA TEMA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trihastuti-48180-1-pendahul-n.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trihastuti-48180-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trihastuti-48180-3-babii.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trihastuti-48180-4-babiii.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Peneliltian ini didasari oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik untuk kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tema cita-citaku dapat diketahui media yang digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu masih menggunakan papan tulis, internet, gambar dua dimensi, dan dari lingkungan sekitar. Media papan tulis belum efektif karena membuat peerta didik kurang aktif dan cepat bosan. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan media ROPUTAR pada pembelajaran dan bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media ROPUTAR di kelas. Tujuan penelitian ini untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan Bord&Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi masal. Akan tetapi peneletian ini berhenti sampai tahap kesembilan yaitu revisi produk pada tahap akhir. Prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah baku yang harus diikuti secara baku, setiap pengembang tentu saja dapat memilih dan menemukan langkahlangkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengembangan proses media ROPUTAR dapat dilihat pada penilaian validasi ahli yang mencapai 86,1% oleh ahli media, 81,8% oleh ahli materi dan 98,1% oleh ahli pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Kevalidan isi instrumen angket validasi ahli materi, media dan pembelajaran tematik sudah mencakup aspek format, aspek isi dan aspek bahasa. Uji skala kelompok kecil 88,89 % serta uji skala kelompok besar 91,5 %. Kepraktisan ditunjukkan pada penilaian validasi ahli yang mencapai 86,1% oleh ahli media,78,1% oleh ahli materi dan 98,1 % oleh ahli pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Serta keefektifan pada uji kelompok kecil mendapatkan respon 88,89% dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan respon 91,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ROPUTAR yang dikembangkan sangat layak untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:43
Last Modified: 31 Oct 2017 02:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35532

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo