UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PONET (PAPAN POINT MAGNET) PADA SUB TEMA KEGIATAN SIANG HARI DI KELAS I SDN TLOGOMAS 1 MALANG

FADHILAH, UKHTI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PONET (PAPAN POINT MAGNET) PADA SUB TEMA KEGIATAN SIANG HARI DI KELAS I SDN TLOGOMAS 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ukhtifadhi-48183-1-1pendah-n.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ukhtifadhi-48183-2-2babi-n.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ukhtifadhi-48183-3-2babii-a.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ukhtifadhi-48183-4-2babii-n.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan di kelas I SDN Tlogomas 1 Malang yang proses pembelajarannya menggunakan sebuah media tetapi media yang digunakan tergolong memanfaatkan lingkungan sekitar sehingga sulitnya guru dalam mencocokan materi yang diajarkan kepada peserta didik. Penelitian bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas I SDN Tlogomas 1 Malang pada subtema kegiatan siang hari materi menyusun kosakata menjadi sebuah kalimat dan menempatkan sebuah bilangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Modifikasi dalam metode ini memiliki 7 tahapan yaitu (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi media (5) revisi desain (6) ujicoba produk (7) revisi produk. Data diperoleh dengan menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Media ponet (papan point magnet) divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Media ponet dikatakan layak dengan tahapan revisi dengan hasil para ahli. Validasi ahli media dengan skor 96%, validasi ahli materi pembelajaran sebelum revisi dengan skor 68% dan sesudah revisi 83%, dan validasi ahli pembelajaran dengan skor 100%. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik pada ujicoba kelompok kecil mendapatkan skor 100% dan hasil ujicoba kelompok besar dengan skor 99%. Hasil penelitian pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan bahwa peserta didik ikut aktif dalam penggunaan media dan memberikan respon yang positif. Media ponet (papan point magnet) dikatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam materi menyusun kosakata dan menempatkan bilangan. Media ponet juga membantu memudahkan guru dalam penyampaian materi. Efektifitas media ponet terlihat dari hasil lembar kerja peserta didik pada kelompok kecil dan kelompok besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:00
Last Modified: 30 Oct 2017 05:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35530

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo