UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) KELAS 5 SDN JATIMULYO 1 KOTA MALANG

ANGGRAHENI, WIDYA PUTRI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) KELAS 5 SDN JATIMULYO 1 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaputri-48186-1-pendahul-n.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaputri-48186-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaputri-48186-3-babii.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widyaputri-48186-4-babiii.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang masih rendah.. Sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui penerapan pembelajaran TPS dan Strategi DRTA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan model TPS. dan Strategi DRTA dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang, (2) peningkatan hasil belajar bahasa Jawa menggunakan model TPS dan Strategi DRTA kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yaitu siswa kelas 5 SDN Jatimulyo 1 Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - April 2017 dalam dua tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil pembelajaran guru melalui observasi dan didukung wawancara, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan model TPS dan DRTA pada mata pelajaran bahasa Jawa di SDN Jatimulyo 1 Kota Malang membuat siswa aktif. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang mencapai 88% dengan kategori sangat baik, (2) Penggunaan model pembelajaran TPS dan DRTA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai 67,4 dengan tingkat ketuntasan 70% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 79,6 dengan tingkat ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:56
Last Modified: 30 Oct 2017 04:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35529

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo