UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE COOPERATIVE BERBASIS INFORMASI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SDN KUDIKAN LAMONGAN

HARYATI, PUTRI (2017) PENERAPAN METODE COOPERATIVE BERBASIS INFORMASI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SDN KUDIKAN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriharya-48318-1-pendahul-n.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriharya-48318-2-bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriharya-48318-3-bab2.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriharya-48318-4-bab3.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PPKn sangat kurang, hal tersebut terbukti dari hasil belajar siswa di SDN Kudikan, Lamongan yang masih tergolong rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui cara pengelolaan pembelajaran kooperatif berbasis informasi lingkungan dalam peningkatan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran kooperatif berbasis informasi lingkungan, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kudikan, Lamongan tahun pelajaran 2017/2018. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif berbasis informasi lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa (keaktifan siswa meningkat dari 57,5% pada siklus I menjadi 78,5% pada siklus II) dan kualitas hasil belajar siswa (ketuntasan siswa meningkat dari 33,33% pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II). Dari aspek afektif, terdapat peningkatan persentase dari 50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, sedangkan dari aspek psikomotor terjadi peningkatan persentase dari 33,33% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode kooperatif berbasis informasi lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi kebebasan berorganisasi pada mata pelajaran PPKn di SDN Kudikan, Lamongan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:57
Last Modified: 30 Oct 2017 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35520

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo