UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

BUDIARTI, ARIYANI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyanibud-48419-1-pendahul-n.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyanibud-48419-2-babi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyanibud-48419-3-babii.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyanibud-48419-4-babiii.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara di SDN Mlaten diperoleh bahwa pada pembelajaran tematik guru menggunakan media berupa benda-benda yang bisa ditemukan di sekolah, alat peraga, buku teks dan lks yang sudah disediakan sekolah. Namun, pada kenyataannya peserta didik merasa jenuh dan bosan, sehingga perlu dikembangkan alternatif media pembelajaran yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan produk media pembelajaran pop-up book pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD, (2) mengetahui kepraktisan produk media pembelajaran pop-up book pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD, dan (3) mengetahui keefektifan produk media pembelajaran pop-up book pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan. Sebagai sumber data adalah dua validator yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Validasi dilakukan pada tanggal 9 dan 16 Maret 2017. Sumber data lainnya adalah guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SDN Mlaten, Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 peserta didik. Implementasi dilakukan pada tanggal 23 Maret 2017 dilakukan dengan pengambilan data respon guru dan peserta didik serta data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pop-up book yang dapat digunakan di kelas IV SD. (2) Pengembangan media terdiri dari lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (3) Hasil validasi ahli media mendapat skor 86,2% dan hasil validasi ahli materi mendapat skor 91,7%. Hal ini menunjukkan media pop-up book sangat layak atau sangat valid digunakan dalam pembelajaran. (5) Media pop-up book mendapat respon positif dari guru dan peserta didik yang masing-masing presentasenya memperoleh 100%. Hal ini menunjukkan media pop-up book sangat layak atau sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. (6) Hasil implementasi menunjukkan ketuntasan klasikal mencapai 80,95%. Hal ini menunjukkan media pop-up book efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2017 09:38
Last Modified: 27 Oct 2017 09:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35515

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo