UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN "AKU SEORANG DETEKTIF" DALAM MATERI GAYA DAN GERAK PADA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

ARISINTA, RENIKA (2017) PENGEMBANGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN PERMAINAN "AKU SEORANG DETEKTIF" DALAM MATERI GAYA DAN GERAK PADA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikaaris-48425-1-pendahul-n.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikaaris-48425-2-babi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikaaris-48425-3-babii.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-renikaaris-48425-4-babiii.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Hasil dari observasi dan wawancara ditemukan pada tanggal 10 Desember 2016 yaitu menghasilkan : (1) guru kurang berinteraksi dengan siswa dan metode pembelajaran yang digunakan masih metode ceramah namun pernah menggunakan model Group Investigation; (2) Siswa kurang aktif dalam berkomunikasi terkait pembelajaran; dan (3) Guru masih berpacu pada pada Buku Siswa dan Buku Guru. Sehingga perlunya pengembangan pada model pembelajaran yang sudah pernah digunakan yaitu mengembangkan model pembelajaran Group Investigation dengan permainan "Aku Seorang Detektif" dengan kriteria valid, efektif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Group Investigation (GI) dengan permainan “Aku Seorang Detektif” dalam materi gaya dan gerak pada kelas IV SD Muhammadiyah 1 yang layak dengan kriteria valid, efektif, dan menarik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Reaserch and Development(RnD). Dalam mengembangkan model GI, digunakan rancangan ADDIE Model karena model ini disusun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pebelajar. Pada ADDIE Model juga terdapat evaluasi pada setiap langhkahnya. Sehingga meminimalisir kesalahan pada produk ADDIE Model terdiri atas lima langkah, yaitu : (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, (5) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan "aku seorang detektif" dalam materi gaya dan gerak pada kelas IV SD Muhammadiyah 1, Malang dinyatakan sangat valid. Hal ini ditunjukkan dengan nilai validasi buku pedoman sebesar 89%, validasi RPP sebesar 98%, serta validasi permainan dan media sebesar 92%. (2) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan "aku seorang detektif" dinyatakan sangat efektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai respon guru selama PBM sebesar 86%. (3) Pengembangan model pembelajaran GI dengan permainan "aku seorang detektif" dinyatakan sangat menarik. Hal ini ditunjukkan dengan respon siswa sebesar 95% siswa yang tertarik dan 5 % siswa yang kurang tertarik. Hasil penelitian ini, pengembangan model pembelajaran dengan permainan "aku seorang detektif" disarankan untuk digunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran dan mengaplikasikan pada materi lain sehingga produk yang dihasilkan memiliki ruang lingkup lebih luas serta mengembangkan model pembelajaran GI dengan berbagai permainan lain agar tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2017 07:58
Last Modified: 16 Jan 2018 09:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35511

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo