UMM Institutional Repository

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 DI SDN LANDUNGSARI 2 DAU

ISTIQOMAH, NUR (2017) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI PAIKEM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 DI SDN LANDUNGSARI 2 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuristiqom-47125-1-pendahul-n.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuristiqom-47125-2-babi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuristiqom-47125-3-babii.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuristiqom-47125-4-babiii.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

SDN Landungsari 2 Dau merupakan sekolah yang telah menerapkan strategi PAIKEM. Strategi PAIKEM biasanya digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran berbasis strategi PAIKEM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDN Landungsari 2 Dau, dan mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis strategi PAIKEM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDN Landungsari 2 Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Landungsari 2 Dau, Jl. Tirto Taruno No. 19 Dau Malang. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 4 SDN Landungsari 2 Dau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran berbasis strategi PAIKEM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 di SDN Landungsari 2 Dau guru tidak hanya sebagai pengajar saja melainkan sebagai pembimbing, sebagai model atau teladan, serta sebagai evaluator. Proses pembelajaran berbasis strategi PAIKEM menunjukkan bahwa guru telah memotivasi siswa agar siswa menjadi aktif dengan cara memberi semangat, memberi rasa percaya diri, dan memberi sanjungan kepada siswa. Selain itu guru juga menggunakan alat peraga atau media pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Tidak hanya itu saja, guru juga melakukan penataan ruang kelas yang menyesuaikan dengan materi pembelajarannya. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis strategi PAIKEM adalah terkadang terdapat beberapa siswa yang kurang bersemangat dan kurang berani dalam bertanya maupun mempraktikkan pembelajaran, selain itu ketersediaan sarana dan prasarana masih kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Oct 2017 07:53
Last Modified: 27 Oct 2017 07:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35509

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo