UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 01 TUMPAKREJO KECAMATAN KALIPARE

GYAT, AIZAL YORGEN (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 01 TUMPAKREJO KECAMATAN KALIPARE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizalyorg-47270-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizalyorg-47270-2-babi.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizalyorg-47270-3-babii.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faizalyorg-47270-4-babiii.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Menyimak merupakan keterampilan utama yang menjadi landasan untuk suksesnya penguasaan keterampilan berbahasa yang lain. Dalam menyimak cerita, seorang penyimak cerita diharapkan mampu memahami isi cerita dan memperoleh nilai-nilai positif dari cerita yang disimak. Siswa sulit menjawab pertanyaan terkait cerita yang disimak. Dominasi guru saat pembelajaran membuat siswa tidak memiliki ruang untuk berkreativitas dan belajar dengan suasana yang menyenangkan. Menyimak cerita dalam pembelajaran memerlukan suatu media yang dapat berjalan secara maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media wayang kertas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu yang dilaksanakan pada sampel kelas II A sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa dan kelas II B sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa. Penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare. Data pada penelitian ini adalah skor yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa tes menyimak cerita. Tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan postest. Instrumen penelitian untuk menentukan skor hasil menyimak cerita siswa berdasarkan pada rubrik penilaian. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan media wayang kertas berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menyimak cerita siswa. Pengaruh media wayang kertas dapat dilihat dari perbedaan hasil menyimak cerita antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai menyimak cerita kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai menyimak cerita kelas kontrol. Selain itu, dapat dilihat dari hasil postest menyimak cerita kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan hasil pada saat pretest. Peningkatan ini terjadi setelah adanya perlakuan menggunakan media wayang kertas dalam pembelajaran menyimak cerita pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan cara konvensional tanpa penggunaan media. Hasil menyimak cerita kelas eksperimen pada saat pretest ada sebesar 73,65 dan meningkat menjadi 89,5 saat postest. Perbandingan hasil menyimak cerita kelas eksperimen sebelum dan setelah adanya perlakuan adalah sebesar 15,65.Selain itu,hasil menyimak cerita kelas kontrol adalah 81,75 dengan selisih nilai sebesar7,75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:33
Last Modified: 26 Oct 2017 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo