UMM Institutional Repository

KONSEP DIRI PEMAIN ROLE PLAY DALAM MEDIA SOSIAL (Studi Dramaturgi Pada Komunitas Dance K-Pop yang Memainkan Roleplay Melalui Twitter di Kota Malang)

Nuruddiniyah, Tyas Wahyu (2017) KONSEP DIRI PEMAIN ROLE PLAY DALAM MEDIA SOSIAL (Studi Dramaturgi Pada Komunitas Dance K-Pop yang Memainkan Roleplay Melalui Twitter di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyaswahyun-49575-1-pendahul-n.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyaswahyun-49575-2-babi.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyaswahyun-49575-3-babii.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tyaswahyun-49575-4-babiii.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Media sosial sebagai sarana penyampaian pesan juga sebagai sarana hiburan seperti Role Play. Dalam permainan ini, apa yang ditampilkan dalam akun Role Play tidak selalu menggambarkan pribadi orang tersebut di dunia nyata. Hal ini yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti bagaimana konsep diri pemain Role Play dalam media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep diri serta Front Stage dan Back Stage pemain Role Play (2) Agar mengetahui bagaimana seorang individu mengatur konsep dirinya untuk berinteraksi dengan orang lain di media sosial. Adapun penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi Erving Goffman, yaitu pandangan tentang kehidupan sosial sebagai serentetan panggung drama dalam sebuah pentas. Dramaturgi tebagi dalam dua wilayah yaitu Front Stage dan Back Stage. Subjek penelitian ditentukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara secara langsung pada subjek dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Dramaturgi milik Erving Goffman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada awalnya saat pertama bermain Role Play, subjek berusaha memahami situasi dalam Role Play, lalu mendefinisikan situasi tersebut. Kemudian seiring berjalannya waktu, subyek mampu mendefinisikan situasi di dalam permainan Role Play, yaitu ditandai dengan perbaikan diri mereka dari waktu ke waktu dan mereka mampu melakukan pembentukan kesan untuk melakukan interaksi sosial agar dapat mempengaruhi dan memperkuat konsep diri mereka. Selain itu sebelum melakukan permainan Role Play, subyek telah mempersiapkan segala sesuatu yang dapat mendukung perannya dalam bermain Role Play seperti setting dan front personal subyek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:11
Last Modified: 20 Oct 2017 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35438

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo