UMM Institutional Repository

MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI AJANG DATTING (Studi Pada Kalangan Mahasiswa di Malang)

FERDIAN, RIO ANDRE (2017) MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI AJANG DATTING (Studi Pada Kalangan Mahasiswa di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rioandrefe-49580-1-pendahul-n.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rioandrefe-49580-2-babi.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rioandrefe-49580-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rioandrefe-49580-4-babiii.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Selain aktivitas pertemanan aplikasi Instan Masaging beetalk ini kini juga mulai dijadikan sebagai alat untuk menunjukkan eksistensi diri (aktualisasi diri) mereka baik secara individual, keluarga, bahkan secara berpasangan (Datting). Fenomena yang menarik diamati adalah banyaknya remaja yang mengikuti atau mendapatkan teman kencan dalam aplikasi ini (Datting) yakni sebuah aktivitas dimedia sosial yang menunjukkan bagaimana cara mempekenalkan diri dengan kepada lawan jenisnya dengan intens dan “intim”. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bertujuan menggali atau membangun suatu prosisi atau menjelaskan makna dibalik realita. Tipe penelitian yang akan digunakan adalah tipe dekriptif yaitu “tipe penelitian yang bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat atau objek tertentu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi beetalk digunakan sebagai alat atau media untuk menunjukkan aktualisasi diri. Implementasi nya atau bentuk nyatanya adalah dengan mengajak sesama pengguna beetalk untuk datting atau kencan. Salah satu keberhasilan menunjukkan aktualisasi diri di beetalk adalah dengan menggunakan foto profil yang menarik, namun kekurangan dalam proses aktualisasi diri pada beetalk ini kebanyakan penggunannya menggunakan akun palsu atau fake akun. Dapat disimpulkan era media sudah mengarah kesesuatu yang sangat praktis dan tidak membutuhkan banyak proses didunia nyata. namun dengan media sosial dalam konteks ini aplikasi beetalk, hanya perlu memberikan foto (real pict) dengan caption (keterangan) yang jelas sudah menjadi proses promosi diri sendiri atau untuk menujukkan aktualisasi diri untuk menarik minat orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:26
Last Modified: 20 Oct 2017 02:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35434

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo