UMM Institutional Repository

REPRESENTASI INDONESIA DALAM IKLAN AUDIO VISUAL (Analisis Semiotika Pada Iklan Wonderful Indonesia Versi 'The Limitless Wonderful Words to Portray Indonesia')

Fadaq, Hamid (2017) REPRESENTASI INDONESIA DALAM IKLAN AUDIO VISUAL (Analisis Semiotika Pada Iklan Wonderful Indonesia Versi 'The Limitless Wonderful Words to Portray Indonesia'). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamidfadaq-49583-1-pendahul-n.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamidfadaq-49583-2-babi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamidfadaq-49583-3-babii.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hamidfadaq-49583-4-babiii.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Sejak internet mendunia dan youtube hadir, ditemukan sebuah variasi baru dalam beriklan audio visual, yang dulunya mutlak hanya mungkin disebarkan kepada massa yang luar biasa besar melalui televisi, kini mulai terbagi melalui saluran-saluran berbasis internet. Salah satu pihak yang memanfaatkan hal ini adalah pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, dalam kampanye promosi bertajuk "Wonderful Indonesia". Pemerintah melalui Wonderful Indonesia menyampaikan banyak sekali iklan, salah satunya iklan yang menampilkan Indonesia secara umum dengan menyentuh aspek alam, flora, fauna, kebudayaan, tarian daerah, makanan khas hingga potret kehidupan masyarakat Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna Indonesia yang direpresentasikan oleh iklan Wonderful Indonesia Versi 'The Limitless Wonderful Words to Portray Indonesia'. Mengenai representasi Indonesia yang digambarkan dalam iklan Wonderful Indonesia Versi 'The Limitless Wonderful Words to Portray Indonesia', penelitian dilakukan dengan metode analisis semiotika yang menggunakan model Roland Barthes. Analisis semiotika dipilih karena penelitian dengan metode ini memungkinkan penggalian makna-makna tersembunyi dibalik tanda-tanda dalam iklan Wonderful Indonesia. Makna tersembunyi ini bisa berupa makna apa saja yang ditampilkan oleh tanda-tanda visual yang ditampilkan dalam iklan Wonderful Indonesia. Dalam representasi Indonesia dalam iklan audio visual, yang ditampilkan adalah daerah-daerah yang memiliki keindahan alam, seperti pegunungan dan pesisir pantai, ketersediaan wilayah-wilayah yang memungkinkan untuk dilakukan penjelajahan dan petualangan, seperti kedalaman lautan dan gua, serta memiliki satwa khas yang masih hidup bebas. Lalu Indonesia juga direpresentasikan dengan menunjukkan peradaban kebudayaan yang ditekankan pada kebudayaan dari Pulau Jawa, mulai dari kegiatan membatik, kehidupan abdi dalem keraton, kuliner dan tata cara makan dari khas Pulau Jawa dan ditutup dengan penyambutan yang disimbolkan dengan Tugu Selamat Datang di Jakarta dan 3 orang wanita berbusana Jawa. 4 dari 6 scene yang terdapat pada iklan Wonderful Indonesia versi 'The Limitless Wonderful Words to Portray Indonesia' dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menekankan pada pola kehidupan yang terdapat di Jawa, menunjukkan bahwa secara umum iklan ini menekankan bahwa makna Indonesia masih hanya difokuskan pada Pulau Jawa dan kebudayaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:16
Last Modified: 17 Jan 2018 08:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35432

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo