UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur)

Giffari, Nur Ahmad (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR (Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-1-pendahul-n.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-3-babii.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurahmadgi-49627-4-babiii.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Pada setiap kegiatan promosi pariwisata, komunikasi pemasaran memegang peranan penting dalam hal pemilihan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Dari penerapan strategi tersebut, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan domestik maupun luar negeri datang berwisata ke Kabupaten Lombok Timur. Pariwisata di Kabupaten Lombok Timur berperan sebagai salah satu sektor yang penting, karena dapat menjadi pemasukan bagi daerah tersebut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur sebagai instansi yang mempunyai tugas dan wewenang serta bertanggung jawab terhadap pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Lombok Timur, diperlukan rencana yang strategis sebagai langkah mengembangkan potensi pariwisata di Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar penelitian yaitu naturalistik. Terdapat 7 orang yang menjadi subjek penelitian, dengan penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif dari Miles dan Huberman (reduksi, penyajian data, dan kesimpulan) dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapat yaitu strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur untuk mempromosikan pariwisata yaitu dengan melakukan kerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, melakukan kerjasama dengan pihak swasta yaitu para travel agent yang menjual paket-paket wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur juga melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan membentuk kelompok sadar wisata, mengikuti event-event pariwisata di berbagai daerah, dan melakukan promosi melalui media elektronik seperti website dan media cetak seperti brosur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:02
Last Modified: 19 Oct 2017 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35423

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo