UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN PESAN SINETRON ANAK JALANAN YANG DITAYANGKAN RCTI DI KALANGAN REMAJA (Studi Pada Siswa dan Siswi kelas XI SMA Negeri Ambulu, Jember)

WAHYUNINGSIH, MITA (2017) PEMAKNAAN PESAN SINETRON ANAK JALANAN YANG DITAYANGKAN RCTI DI KALANGAN REMAJA (Studi Pada Siswa dan Siswi kelas XI SMA Negeri Ambulu, Jember). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitawahyun-49639-1-pendahul-n.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitawahyun-49639-2-babi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitawahyun-49639-3-babii.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mitawahyun-49639-4-babiii.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian Pemaknaan Pesan Sinetron Anak Jalanan yang Ditayangkan RCTI di Kalangan Remaja karena ketenaran tayangan sinetron Anak Jalanan yang menjadi sebuah perbincangan dikalangan masyarakat saat ini. Hal ini dibuktikan dengan selalu tingginya rating yang diperoleh dan banyaknya pro dan kontra yang terjadi di masyarakat mengenai sinetron Anak Jalanan. Pendekatan penelitan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak. (Sugiyono, 2014) Teori studi resepsi milik Stuart Hall menjelaskan tentang proses decoding-encoding untuk menginterpretasikan persepsi khalayak. Dimana dalam pemaknaan terhadap isi media oleh khalayak Hall membaginya dalam tiga kategori yaitu Dominant Reading, Negotiated Reading, dan Oppotional Reading. Para remaja memaknai adanya nilai-nilai positif terhadap tokoh-tokoh dan sifat-sifat yang mereka sukai sehingga mereka berada pada kategori dominant reading. Pada kategori negotiated reading para remaja dalam memaknai sinetron Anak Jalanan tidak serta- merta menelan apa yang dilihatnya itu sebagai sesuatu yang patut ditiru, namun mereka sudah bisa membedakan terhadap nilai positif maupun negatif. Pada kategori opposional reading para remaja tidak setuju dengan adanya adegan permusuhan antar geng maupun adegan perkelahian dalam sinetron Anak Jalanan. Menurut mereka, adegan seperti ini tidak baik jika ditonton oleh anak-anak atau remaja masa kini. Penolakan dari remaja ini berkaitan dengan nilai-nilai negatif yang diperankan oleh tokoh antagonis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:55
Last Modified: 19 Oct 2017 02:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35421

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo