UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN KELOMPOK MUSIK RAPPER KOTA MALANG TENTANG PESAN LAGU "NGANCHUK CREW" ( STUDI RESEPSI PADA KELOMPOK RAPPER "MALANG HIPHOP COMMUNITY" )

SANTIAJI, MEI (2017) PEMAKNAAN KELOMPOK MUSIK RAPPER KOTA MALANG TENTANG PESAN LAGU "NGANCHUK CREW" ( STUDI RESEPSI PADA KELOMPOK RAPPER "MALANG HIPHOP COMMUNITY" ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meisantiaj-49640-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meisantiaj-49640-2-bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meisantiaj-49640-3-bab2.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meisantiaj-49640-4-bab3.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi di kota Malang terdapat banyak macam - macam aliran musik. Oleh karena itu para pelaku musik menciptakan sebuah lagu pasti mempunyai pesan yang ingin disampaikan dalam lirik lagu yang di ciptakannya. Salah satu grup Rap yang bernama Nganchuk Crew asal kota Malang ini menimbulkan pro dan kontra terhadap lagu - lagu yang di ciptakan dengan lirik yang mengarah ke hal negatif, menimbulkan secara berbeda - beda dalam memaknai. Dengan tujuan penelitian ini untuk memaknai pendengar terhadap pesan lagu Nganchuk Crew oleh kelompok Rapper Malang HipHop Community. Teori yang digunakan untuk mengetahui pemaknaan pesan lagu Nganchuk Crew oleh kelompok Rapper Malang HipHop Community dalam penelitian ini adalah teori khalayak aktif dan melalui metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam memperoleh data penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, penelitian ini dalam analisa data menggunakan tiga tahapan, melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian akan di temukan tiga kategori pemaknaan penonton tentang pesan lagu Nganchuk Crew yaitu pendengar dengan kategori dominant, pendengar kategori negosiasi dan pendengar dengan kategori oposisi Maka dapat diartikan seluruh subyek penelitian merupakan audiens aktif. Dengan kata lain mereka hanya berperaan sebagai konsumen, tetapi juga sebagai produsen yang aktif menciptakan makna dari sebuah lagu. Karena mereka secara aktif memciptakan makna yang terdapat dalam pesan lagu Nganchuk Crew berdasarkan latar belakang budaya, sosial dan pengalaman pribadi masing - masing. Anggota Malang HipHop Community sebagai khalayak aktif telah mampu mengungkapkan makna pesan pada lagu dengan di pengaruhi oleh banyak faktor dalam diri informan. Sebagai hal tersebutlah yang membuat mereka dapat di kategorikan kedalam kelompok dominant, negosiasi dan oposisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:52
Last Modified: 24 Jan 2018 07:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35420

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo