UMM Institutional Repository

PERAN OPINION LEADER DALAM MEMPERTAHANKAN KERUKUNAN PADA MASYARAKAT DESA (Studi pada Masyarakat Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB)

Rahman, M Azin (2017) PERAN OPINION LEADER DALAM MEMPERTAHANKAN KERUKUNAN PADA MASYARAKAT DESA (Studi pada Masyarakat Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mazinrahma-49645-1-pendahul-n.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mazinrahma-49645-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mazinrahma-49645-3-babii.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mazinrahma-49645-4-babiii.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat peran seorang pemimpin opini atau opinion leader menjadi hal yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan seorang pemimpin opini akan memimpin masyarakat lainnya dalam segala hal yang menyangkut kehidupan sosial di dalam sebuah masyarakat. Pemimpin opini ini akan lebih terlihat perannya pada masyarakat desa. Seperti yang terjadi di Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB yang masih sangat membutuhkan peran seorang pemimpin opini. Hal itu disebabkan oleh seringnya terjadi kerusuhan yang melibatkan Desa Lendang Nangka. Bagi seorang pemimpin opini di dalam masyarakat, hal tersebut tentu merupakan sebuah masalah yang harus diselesaikan demi memlihara kerukunan pada masyarakat Desa Lendang Nangka. Dari hal tersebutlah peneliti tertarik untuk mengetahui peran seorang opinion leader dalam memelihara kerukunan pada masyarkat desa, khususnya pada masyarakat Desa Lendang Nangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan pada masyarakat Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Dengan fokus penelitian pada tokoh Tuan Guru H. Ismail Thohir yang ingin dilihat perannya sebagai pemimpin opini oleh peneliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lima orang informan yang sudah ditentukan, kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif milik Miles and Huberman untuk melihat peran opinion leader dalam memelihara kerukanan masyarakat desa. Dari hasil analisis data yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa hampir seluruh informan berbendapat bahwa sosok tuan guru yang sebelumnya menjadi fokus penelitian memiliki peran yang sangat vital sebagai pemimpin opini di Desa Lendang Nangka khususnya dalam memelihara kerukunan masyarakat dan meredakan konflik yang terjadi. Hal seperti menjadi mediator antara kedua pihak yang berkonflik ataupun memberikan peringatan secara langsung menjadi cara tuan guru untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Di luar itu, para informan juga berpendapat bahwa ada tokoh selain tuan guru tersebut yang juga memiliki peran dalam memelihara kerukunan masyarkat, meskipun tidak sevital peran sosok tuan guru tersebut. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sosok tuan guru yang dalam hal ini merupakan pemimpin opini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama perannya dalam memelihara kerukunan masyarakat khususnya masyarakat Desa Lendang Nangka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:01
Last Modified: 18 Oct 2017 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo