UMM Institutional Repository

PESAN NASIONALISME PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (Analisis Isi pada Iklan "Karya Indonesia Adalah Kita")

Ammonita, Kyla Cynara Azalia Thalita (2017) PESAN NASIONALISME PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (Analisis Isi pada Iklan "Karya Indonesia Adalah Kita"). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kylacynara-49647-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kylacynara-49647-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kylacynara-49647-3-babii.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kylacynara-49647-4-babiii.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan bagian dari pembauran promosi (promotion mix) dan baruan tadi merupakan bagian dari pembauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Secara sederhana iklan didefinisikan sebagai sebuah pesan untuk menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. Sedangkan sebuah periklanan (advertising) merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi yang sifatnya tidak pribadi dalam bentuk sebuah gagasan, barang ataupun jasa, menurut (Kotler dan Amstrong, 2002:153). Periklanan merupakan pesan-pesan penjualan yang paling persuasive yang ditujukan kepada calon pembeli yang paling berpotensi atas produk barang ataupun jasa tertentu dengan biaya yang seminim-minimnya. Sponsor dalam hal ini merupakan perusahaan tertentu yang pada nantinya akan menjadi klien penyedia jasa promosi. Dari pemaparan diatas kita bisa melihat bahwa sangat menipisnya rasa nasionalisme terhadap masyarakat Indonesia, terutama kalangan muda yaitu dikarenakan mudahnya budaya barat berkembang dan kemajuan teknologi, hingga berkembangnya kebudayaan barat yang dianggap modern lebih cepat membuat kalangan muda di Indonesia lebih memilih budaya asing daripada budaya Indonesia. Dari sedikit penjelasan ini, akhirnya peneliti tertarik untuk mengangkat judul PESAN NASIONALISME PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (Analisis Isi Pada Iklan "Karya Indonesia Adalah Kita") karena sudah mewakili untuk membedah pesan-pesan rasa nasioanlisme yang di pesankan oleh public figur atau artis yang ada didalam iklan tersebut. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan dasar penelitian kerangka analisis isi. Sedangkan ruang lingkup penelitian iklan layanan masyarakat "Karya Indonesia dengan durasi 1 menit dan 31 shoot. Satuan ukur yang diteliti frekuensi kemunculan kategori dalam tiap shoot atau indikator mengenai pesan cinta tanah air, cinta produk dalam negeri, kepribadian kebudayaan, kebangsaan. Untuk perhitungan data digunakan rumus Holsty dan scoot untuk mendapatkan Coeficient Realibility dan nilai keterhandalannya. Dari perhitungan dan penelitian yang dilakukan maka ditarik kesimpulan jumlah angka perhitungan kemunculan frekuensi pesan pada nasionalisme dianggap memiliki angka yang realibilitas dan nilai keterhandalannya cukup tinggi dengan mengusung pesan-pesan nasionalisme pada iklan "karya Indonesia".

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:57
Last Modified: 16 Jan 2018 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35416

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo