UMM Institutional Repository

AKTIVITAS COMMUNITY RELATIONS SEBAGAI BAGIAN DARI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Humas PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama Kabupaten Tuban)

Pranata, Haril (2017) AKTIVITAS COMMUNITY RELATIONS SEBAGAI BAGIAN DARI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi pada Humas PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama Kabupaten Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harilprana-49650-1-pendahul-n.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harilprana-49650-2-bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harilprana-49650-3-bab2.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-harilprana-49650-4-bab3.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Banyak kasus yang melibatkan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia terkait dengan para stakeholder dan lingkungan, baik berkaitan dengan pencemaran lingkungan. Perusahaan memilih Public Relations sebagai mediator dalam hal mendengar apa yang diinginkan dan diharapkan publiknya. Oleh karena itu perusahaan pasti mempunyai tanggung jawab untuk masyarakat dengan melakukan program community relations. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana Aktivitas Corporate Social Responsbility yang termasuk dalam bagian Community Relations ini dilakukan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, dimana dalam perolehan datanya peneliti menentukan subjek penelitian yang akan diwawancarai. Lokasi penelitian ini di PT. TPPI Tuban. Teknik utama pengumpulan data adalah wawancara kemudian didukung dengan data dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang mana analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. TPPI menerapkan konsep triple battom line, sebagai komitmen tanggung jawab perusahaan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. kemudian public relations dalam pelaksanaan program corporate social responsibilty menggunakan empat tahap yaitu fact finding, planning, communication, evaluation, ada proses perencanaan dan penetapan program antara lain adalah menetapkan peran dan misi, menentukan wilayah, mengidentifikasi dan menentukan indikator, menentukan sasaran, mempersiapkan rencana,membangun pengawas, kemudian pelaksanaan sehingga kegiatan akan berjalan sesuai harapan. Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa public relations PT. TPPI sebagai mediator untuk membantu pihak perusahaan. Dalam pelaksanaan program community relations yang termasuk kedalam bagian CSR, PR menjadi fasilitator komunikasi, menjadi fasilitator pemecah masalah dan PR membantu dalam memberikan pelatihan, yang melibatkan masyarakat setempat. Sehingga hasil program community relations yang telah dilaksanakan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat yang terlibat menjadi mitra PT.TPPI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:50
Last Modified: 18 Oct 2017 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35414

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo