UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PENCARIAN JATI DIRI DALAM FILM ANIMASI (Analisis Semiotik pada Tokoh Little Girl dalam Film The Little Prince Karya Mark Osborne (2015))

GHASSAN, FARIZ (2017) REPRESENTASI PENCARIAN JATI DIRI DALAM FILM ANIMASI (Analisis Semiotik pada Tokoh Little Girl dalam Film The Little Prince Karya Mark Osborne (2015)). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farizghass-49895-1-pendahul-n.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farizghass-49895-2-babi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farizghass-49895-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farizghass-49895-4-babiii.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Jati diri adalah suatu manifestasi ideologi hidup seseorang, Jati diri merupakan bagian dari sifat seseorang yang muncul dengan sendirinya mulai dari kecil, kemudian sifat bawaan kadang juga terpengaruh dengan faktor lingkungan tempat seseorang hidup dan dibesarkan. Penyampaian pesan mengenai pencarian jati diri dapat disampaikan melalui film karena film merupakan salah satu bentuk dari media massa dan cerita dalam film biasanya berangkat dari sebuah fenomena yang terjadi disekitar kita. Film The Little Prince merupakan salah satu film yang mengangkat tema pencarian jati diri seorang anak, dari hal inilah yang menjadikan penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi pencarian jati diri pada tokoh little girl dalam film the little prince dan untuk mengetahui pesan yang ingin disampaikan film the little prince kepada penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe interpretative dan menggunakan metode analisis semiotik. metode semiotik, yaitu suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Pemilihan scene-scene pada film the little prince yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang berkaitan dengan penelitian ini, yakni pencarian jati diri. Serta mencari data dari berbagai tulisan artikel, buku-buku, internet, dan lain sebagainya. Dari data yang diperoleh penulis melakukan analisis dengan menggunakan tanda-tanda yang terdapat dalam film the little prince dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Analisis dilakukan melalui dua tahap, yaitu signifikasi tingkat pertama, yaitu makna denotasi yang terkandung dalam scene-scene tersebut dan dilanjutkan dengan signifikasi tingkat kedua yang menguraikan makna konotasinya. Hasil yang diperoleh bahwa dari scene yang ada dalam film the little prince memperlihatkan seorang yang mencari jati diri nya. konstruksi pencarian jati diri ini terlihat dalam cuplikan adegan dalam tiap scene film itu sendiri ataupun tulisan-tulisan dari pemikiran yang ditampilkan oleh pembuat film yaitu Mark Osborne. Pencarian jati diri yang muncul dalam film ini antara lain konflik keluarga, ketakutan anak menjadi dewasa, anak yang melakukan eksperimen dalam menyampaikan gagasan, barulah anak tersebut menemukan jati dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini tampak dengan jelas film ini merepresentasikan pencarian jati diri. Seorang anak yang ditekan orang tuanya untuk mengikuti aturan yang telah ada yakni belajar agar dia siap di dunia kerja nanti. Pola piker anak tersebut berubah setelah dia bertemu dengan kakek yang mengenalkannya bagaimana cara berimajinasi selayaknya anak-anak, hal ini membuat anak tersebut memilih mencari jati dirinya sendiri. Orang tua memiliki hak dalam menetukan masa depan anaknya namun sebaiknya orang tua juga memberikan keleluasaan anaknya untuk menentukan apa yang dia inginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:48
Last Modified: 17 Oct 2017 06:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35402

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo