UMM Institutional Repository

REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika Pada Video Make-up Tutorial Beauty Vlogger Abel Cantika Di Youtube)

RAHMAWATI, SAFITRY (2017) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika Pada Video Make-up Tutorial Beauty Vlogger Abel Cantika Di Youtube). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitryrah-49894-1-pendahul-n.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitryrah-49894-2-babi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitryrah-49894-3-babii.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitryrah-49894-4-babiii.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Youtube sebagai salah satu bentuk dari media sosial yang penggunanya dapat berbagi konten berupa audio visual atau video. Konten video yang terdapat pada youtube diantaranya, vlog/ video blogging hingga tutorial video. Make-up tutorial video tersebar luas pada media sosial youtube dan menjadi konten yang menarik khususnya bagi kaum hawa. Video ini menampilkan bagaimana cara menggunakan dan membuat make-up atau tampilan wajah dengan berbagai tema, dengan tujuan untuk membuat wajah lebih menarik. Salah satu pembuat video make-up tutorial yang cukup terkenal di youtube adalah Abel Cantika. Penelitian yang berjudul Representasi Makna Kecantikan Dalam Media Sosial ini bertujuan untuk mengeksplorasi mitos dan definisi kecantikan yang direpresentasikan dalam video make-up tutorial Abel Cantika di media sosial youtube. Kecantikan menjadi hal yang erat kaitannya dengan wanita, tidak sedikit wanita yang ingin tampil sempurna dan menarik untuk mendapat predikat cantik. Bahkan, tak jarang para wanita rela melakukan hal-hal yang tidak mudah untuk menjadi cantik, mulai dari melakukan diet, menggunakan kosmetik, menguruskan tubuh, hingga operasi plastik. Hal tersebut dilakukan tak jarang untuk memenuhi mitos kecantikan yang beredar di masyarakat dan banyak direpresentasikan media massa. Menurut Barker (dalam Vera 2015) representasi adalah konstruksi sosial yang mengharuskan kita mengeksplorasi pembentukan makna tekstual dan menghendaki penyelidikan tentang cara dihasilkannya makna pada beragam konteks. Konsep kecantikan tersebut direpresentasikan diberbagai media, seperti surat kabar, televisi bahkan media sosial. Penelitian ini berfokus pada warna dari penggunaan make-up dalam video make-up tutorial Abel Cantika yang menjadi representasi dari kecantikan seorang wanita. Wanita yang cantik tidak hanya dinilai dari bentuk tubuh yang langsing, kulit putih, hidung mancung, seperti yang dikonstruksi dalam masyarakat. Tetapi kali ini wanita cantik identik dengan bibir berwarna merah, bulu mata lentik, tatapan mata yang tajam, dan wajah yang tidak pucat. Untuk menggali dan mengeksplorasi makna kecantikan yang ada dalam video, maka digunakan metode semiotika milik Roland Barthes. Hasil penelitian pada video make-up tutorial ini mempelihatkan bahwa wanita cantik tidak hanya dilihat dari bentuk fisik semata, video ini mendekonstruksikan mitos kecantikan yang selama ini beredar di masyarakat. Konsep kecantikan yang dimaknai dari video tersebut yaitu adanya penggunaan make-up, yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita tanpa harus merubah bentuk fisik lahiriah mereka. Selain itu, masing-masing elemen make-up memiliki fungsi tersendiri dalam kecantikan. Meskipun pada awalnya elemen make-up seperti lipstick, mascara, eyeliner memiliki arti dan fungsi diluar kecantikan yang pada zaman dahulu digunakan untuk upacara atau ritual. Tetapi saat ini, berdasarkan tinjauan psikologi, make-up memiliki dua fungsi yaitu sebagai camouflage (menutupi kekurangan) dan seduction (menyempurnakan penampilan) yang keduanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, warna-warna pada elemen make-up yang digunakan oleh Abel menampilkan ideologi tertentu yang pada video ini adalah hedonisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:43
Last Modified: 17 Oct 2017 06:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35401

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo