UMM Institutional Repository

AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS RUMAH SAKIT MELALUI PENDEKATAN AGAMA Studi pada Bagian Kerohanian Rumah Sakit Nahdhatul Ulama Jombang Jawa Timur

Akbar, Putri Fauziyah Kurnia (2017) AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONS RUMAH SAKIT MELALUI PENDEKATAN AGAMA Studi pada Bagian Kerohanian Rumah Sakit Nahdhatul Ulama Jombang Jawa Timur. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrifauzi-49891-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrifauzi-49891-2-babi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrifauzi-49891-3-babii.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putrifauzi-49891-4-babiii.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya rumah sakit yang dibangun saat ini untuk melayani masyarakat, namun tidak semua rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggannya. RSNU merupakan salah satu rumah sakit swasta di Jombang yang tergolong baru yang semestinya harus mempunyai strategi agar dapat menjalin relasi dengan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas customer relations rumah sakit Nahdhatul Ulama Jombang dalam membangun relasi melalui pendekatan agama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pertukaran Sosial, bahwa semua orang menilai hubungan dengan melihat pengorbanan dan penghargaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik menentukan subyek penelitian melalui teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yakni membandingkan apa yang dikatakan orang - orang tentang situasi penelitian dengan apa yang dikatakannya sepanjang masa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap subyek penelitian dan tiga informan, Ada beberapa aktivitas customer relations rumah sakit Nahdhatul Ulama Jombang dalam menjalin relasi melalui pendekatan keagamaan, meliputi : 1) Memberikan doa bersama setiap pagi ke ruangan pasien di iringi dengan lagu islami dan sholawat - sholawat yang diputar sehingga terdengar di setiap ruangan di RSNU Jombang termasuk kamar pasien, 2) Memberikan doa atau tuntunan kepada pasien yang dalam keadaan darurat seperti melahirkan dan sakaratul maut, 3) Memberikan doa kepada pasien jika ada keluarga pasien yang meminta keluarganya yang sakit untuk didoakan sewaktu - waktu (by order).

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310040311173
Uncontrolled Keywords: Customer Relations, Rumah Sakit, Pendekatan Keagamaan, Membangun Relasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:30
Last Modified: 04 Jul 2018 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35398

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo