UMM Institutional Repository

Pembingkaian Berita Online Pasca PILGUB (Pemilihan Gubernur) DKI 2017 (Analisis Framing pada Dua Media Kompas.com dan SINDOnews.co.id)

Nugraha, Aditya (2017) Pembingkaian Berita Online Pasca PILGUB (Pemilihan Gubernur) DKI 2017 (Analisis Framing pada Dua Media Kompas.com dan SINDOnews.co.id). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-49660-1-pendahul-n.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-49660-2-babi.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-49660-3-babii.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityanugr-49660-4-babiii.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pembingkaian Berita Online Pasca Pilgub (Pemilihan Gubernur) DKI (Analisis Framing Terhadap Dua Media kompas.com dan sindonews.co.id)". Penelitian ini didasarkan ketertarikan peneliti tentang pembingkaian berita pada kedua media tersebut pasca Pilgub DKI. Karena pada pra pilgub serta pada saat pilgub, kedua media ini dikenal memihak kepada pasangan calon gubernur masing-masing, apabila Kompas disinyalir mendukung pasangan calon nomor 2, sedangkan SINDOnews lebih mendukung pada pasangan calon nomor 3. Hal inilah yang menarik peneliti untuk menelitinya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana gaya pembingkaian media online Kompas dan SINDOnews yang berlangsung mulai dari tanggal 20 April hingga selanjutnya. Pembingkaian dilakukan pada empat berita, dengan masing-masing media dua berita. Mulai dari gaya pembingkaian berita, hingga pokok bahasan berita yang dibahas inilah yang menjadi tujuan utamanya. Teori yang digunakan adalah teori analisis framing. Dimana peneliti akan membedah secara mendetil tentang konten berita dari kedua media tersebut. Model analsi framing yang digunakan adalah model Robert E. Entman, karena model ini dirasa menjadi model analisis yang paling lengkap dalam menganalisis sebuah berita serta lebih mudah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang berlandaskan filsafat serta digunakan untuk meneliti objek ilmiah, serta lebih menekankan pada analisis dan sumber dari pustaka. Tipe dan dasar penelitian ini yaitu kualitatif interpretatif. Ruang lingkup yaitu pemberitaan media online, pada tanggal 20 April dan selanjutnya karena hal ini didasarkan pada pasca pilgub DKI. Pengumpulan data berupa dokumentasi berkas berita. Jenis data meliputi primer yaitu berita medianya sendiri, serta sekunder yang berupa literasi pustaka. Hasil penelitian pada dasarnya, kedua media ini sama-sama netral. Karena kedua berita ini mampu memberitakan sesuatu yang berbau rekonsiliasi. Apabila pada Kompas.com lebih bericara rekonsiliasi dalam internal partai politik serta rekonsiliasi DKI Jakarta, sedangkan Sindonews.com lebih kepada rekonsiliasi langsung atas dasar Pancasila serta kebhinekaan. Serta masih adanya penekanan seorang tokoh dalam pemberitaan pada Sindonews.com, membuat Sindonews.com lebih cenderung tidak netral. Pada berita ke 2 Sindo, ada sebuah penekanan yang nyata terhadap pasangan yang menang Pilkada DKI Anies-Sandi, namun dengan menggunakan subjek seorang politisi dari PDIP.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Bingkai Media, Berita Online, Media Online
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:11
Last Modified: 04 Jul 2018 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo