UMM Institutional Repository

STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN BANGKALAN DALAM MEMBANGUN CITRA BANGKALAN KOTA DZIKIR DAN SHOLAWAT

Huzaini, Adis (2017) STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN BANGKALAN DALAM MEMBANGUN CITRA BANGKALAN KOTA DZIKIR DAN SHOLAWAT. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adishuzain-49662-1-pendahul-n.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adishuzain-49662-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adishuzain-49662-3-babii.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adishuzain-49662-4-babiii.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Humas pemerintahan memiliki peranan penting dalam membentuk suatu identitas kota (city branding). City branding sendiri dapat digunakan untuk membangun positioning yang kuat di benak target market seperti layaknya positioning sebuah produk atau jasa pada umumnya, sehingga kota dapat dikenal secara luas baik regional ataupun global. Kabupaten Bangkalan yang muncul dengan identitas baru sebagai Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat menjadi tantangan tersendiri bagi pihak humas. Mereka dituntut untuk jeli dalam membangun citra dari identitas baru tersebut. Pihak humas harus memiliki strategi yang efektif dan efesien dalam membangun citra positif yang ada agar bisa diterima dengan baik oleh targetnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam membangun citra Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relation yang terfokus pada strategi humas dan konsep citra dalam public relation itu sendiri. Teori dan konsep tersebut digunakan oleh peneliti untuk membantu mengungkapkan fenomena yang terjadi seperti pemilihan strategi yang digunakan oleh humas pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam membangun citra Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat, serta pemilihan media dalam strategi-strategi yang mereka lakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang berlandaskan pada hasil wawancara terhadap enam subyek yang memiliki peran dalam membangun citra Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat, serta dokumentasi dan observasi terkait strategi humas pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam membangun citra tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh humas pemerintah Kabupaten Bangkalan dalam membangun citra Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat antara lain dengan mengadakan acara istighosah pada malam tahun baru, peringatan Maulid Nabi, peringatan Isra' mi' raj, dan juga menggunakan media publikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dalam praktiknya humas pemerintah Kabupaten Bangkalan memanfaatkan media dan beberapa program yang berkaitan dengan identitas kota Bangkalan untuk membentuk citra positif dari identitas Bangkalan kota Dzikir dan Sholawat.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: strategi humas, city branding, citra, humas pemerintah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:29
Last Modified: 04 Jul 2018 03:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo