UMM Institutional Repository

SELF DISCLOSURE PADA INDIVIDU PENGGUNA MEDIA SOSIAL ( Studi Pada Pengguna Facebook dan Twitter di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako)

Utary, Dwi Yunika (2017) SELF DISCLOSURE PADA INDIVIDU PENGGUNA MEDIA SOSIAL ( Studi Pada Pengguna Facebook dan Twitter di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyunikau-49663-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyunikau-49663-2-babi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyunikau-49663-3-babii.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiyunikau-49663-4-babiii.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Self disclosure pada pengguna Facebook dan Twitter adalah terjadinya suatu tindakan pengungkapan diri dengan menuliskan isi hati dan perasaan mengenai berbagai macam hal yang tidak dapat diungkapkan secara langsung melainkan melalui media sosial. Pengungkapan diri yang terjadi merupakan hal yang wajar ketika mendapatkan feedback yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah studi deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan self disclosure pada individu pengguna Facebook dan Twitter. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang sesuai dengan kriteria dan 1 orang informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara secara mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengungkapan diri yang dilakukan subyek di Facebook dan Twitter dengan motif yang berbeda-beda. Salah satunya adalah dengan mengungkapkan diri di Facebook seperti membagi kebahagiaan berupa foto/gambar dan di Twitter seperti kalimat yang mewakili perasaan berdasarkan situasi dan kondisi yang dihadapi. Individu mendapatkan respon berupa perhatian dalam bentuk motivasi dan solusi. Selain itu, dalam proses pengungkapan diri yang dilakukan subyek membatasi kebahasaan yang dianggapnya privacy. Hal itu yang menyebabkan individu mengungkapkan topik tertentu ke dalam media sosial tertentu. Namun pada dasarnya individu merasa nyaman untuk terbuka di media sosial karena mendapatkan kelegaan setelah mengungkapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:15
Last Modified: 17 Oct 2017 06:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35392

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo