UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS, PENERIMAAN DAN PENDAPATAN USAHATANI PEPAYA THAILAND DAN CALIFORNIA ( Studi Kasus di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang )

Mudawamah, Landep (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS, PENERIMAAN DAN PENDAPATAN USAHATANI PEPAYA THAILAND DAN CALIFORNIA ( Studi Kasus di Kecamatan Dampit Kabupaten Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-landepmuda-48832-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-landepmuda-48832-2-bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-laelatulfi-49507-3-babii.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-landepmuda-48832-4-babiii.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Buah pepaya (Carica papaya L) memiliki vitamin A, B dan C yang berfungsi bagi tubuh manusia. Semakin tingginya kesadaran manusia akan kepentingan gizi bagi tubuh mereka maka hal ini akan mengakibatkan terjadinya peningkatan permintaan pepaya. Upaya yang dilakukan untuk mencukupi permintaan pepaya yang terus meningkat maka Kecamatan Dampit menjadi salah satu daerah penyumbang pepaya di Kabupaten Malang. Faktor produktivitas, penerimaan dan pendapatan merupakan hal yang patut diperhatikan dalam memproduksi pepaya baik jenis Thailand maupun jenis California. Faktor-faktor tersebut meliputi tenaga kerja, bibit, pupuk, obat-obatan, jumlah batang, jenis pepaya, dan umur tanam. Hal ini dapat berpengaruh terhadap produktivitas, penerimaan dan pedapatan usahatani pepaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis pengaruh tenaga kerja, pupuk, obat-obatan, jumlah batang, jenis pepaya, umur tanam terhadap produktivitas usahatani pepaya. 2) Menganalisis pengaruh tenaga kerja, pupuk, obat-obatan, jumlah batang, jenis pepaya, umur tanam terhadap penerimaan usahatani pepaya, dan 3) Menganalisis pengaruh tenaga kerja, pupuk, obat-obatan, jumlah batang, jenis pepaya, umur tanam terhadap pendapatan usahatani pepaya. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif mengunakan analisis finansial, sedangkan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas, penerimaan, pendapatan usahatani pepaya menggunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah tenaga kerja dan variabel obat-obatan nilai signifikan 0,001. Nilai signifikan yang diperoleh dari ke dua variabel tersebut < 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa berpengaruh secara signifikan. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan usahatani pepaya yaitu variabel tenaga kerja nilai signifikan 0,000, variabel pupuk nilai signifikan 0,008 dan nilai signifikan jenis pepaya California 0,004. Nilai signifikan yang diperoleh dari ke tiga variabel tersebut kurang dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan berpengaruh secara signifikan. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pepaya yaitu variabel tenaga kerja nilai signifikan sebesar 0,008, variabel pupuk nilai signifikan sebesar 0,027, dan variabel jenis pepaya California nilai signifikan 0,009. Nilai signifikan dari variabel tenaga kerja, pupuk dan jenis pepaya California diperoleh < 0,05 sehingga dinyatakan variabel tenaga kerja dan jenis pepaya California berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 14 Oct 2017 02:07
Last Modified: 14 Oct 2017 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35349

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo