UMM Institutional Repository

ANALISIS SALURAN PEMASARAN JERUK KEPROK DI DESA YOSOWILANGUN KIDUL KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG

Koyyim, Muhammad (2017) ANALISIS SALURAN PEMASARAN JERUK KEPROK DI DESA YOSOWILANGUN KIDUL KECAMATAN YOSOWILANGUN KABUPATEN LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadko-48833-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadko-48833-2-babi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadko-48833-3-babii.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadko-48833-4-babiii.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah tropis yang memiliki keanekaragaman dan keunggulan cita rasa yang cukup baik. Salah satu jenis tanaman hortikultura yang sesuai di daerah beriklim tropis adalah jeruk, Jeruk merupakan salah satu komoditi buah-buahan yang mempunyai peranan penting di pasaran dunia maupun di dalam negeri. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis adanya saluran pemasaran jeruk keprok ditingkat petani sampai pengecer, Mengetahui margin Pemasaran, distribusi margin dan share, Mengetahui saluran pemasaran yang lebih efisien di Desa Yosowilangun Kidul. Penelitian ini dilakukan di Desa Yosowilangun Kidul. Metode penentuan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive). Metode penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling (sengaja), jumlah responden sebanyak 34 petani jeruk. Metode penentuan sampel pedagang menggunakan snowball sampling. Data yang diambil baik berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga saluran pemasaran di Desa Yosowilangun Kidul yaitu, I: Petani→ Pengepul→ Pedagang besar→ Pengecer, II:Petani→ Tengkulak→ Pengepul→ Pedagang besar→ Pengecer, III: Petani → Pedagang besar → Pengecer. Pada saluran I memiliki total biaya pemasaran Rp 2.082,6/Kg, marjin pemasaran Rp 7.725/Kg dan keuntungan pemasaran Rp 5.642,3/kg. Pada saluran II total biaya pemasaran Rp 1.873,2/Kg, marjin pemasaran Rp 7.000/kg dan keuntungan pemasaran Rp 5.126,8/Kg. Pada saluran III total biaya pemasaran Rp 1.338,5/Kg, marjin pemasaran Rp 3.833,3/Kg dan keuntungan pemasaran Rp 2.494,7/Kg. Dilihat dari efisiensi saluran pemasara dari ke tiga saluran di desa Yosowilangun kidul saluran III adalah yang paling efisien karena memiliki biaya yang sangat murah yaitu sebesar Rp. 1.338,5/Kg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:43
Last Modified: 13 Oct 2017 02:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35347

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo