UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMASARAN BUAH NAGA DI KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

Sutanto, Septiani Sukmawati (2017) ANALISIS PEMASARAN BUAH NAGA DI KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianisu-49420-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianisu-49420-2-babi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianisu-49420-3-babii.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianisu-49420-4-babiii.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Buah naga adalah salah satu komoditas buah-buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki nilai gizi yang tinggi, menguntungkan bagi petani dan memelihara kelestarian alam. Daerah di Indonesia yang banyak membudidayakan buah naga salah satunya adalah Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) saluran pemasaran buah naga di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang; (2) besarnya margin pemasaran buah naga di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang; (3) elastisitas transmisi harga buah naga di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2017. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Responden berjumlah 50 petani. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran, yaitu: (1) saluran pemasaran pertama (petani→ konsumen) dengan margin Rp. 417, share 94,32%. (2) saluran pemasaran dua (petani→ pedagang pengecer→ konsumen) dengan margin Rp. 2.321 dan share biaya sebesar 72%. (3) Nilai elastisitas transmisi harga sebesar 0,89 (<1) yang berarti bahwa setiap perubahan nilai sebesar 1% di tingkat pedagang akan menyebabkan perubahan harga kurang dari 1% di tingkat petani. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 1 karena memiliki pola yang lebih pendek serta memiliki keuntungan yang lebih besar bagi petani. Pemasaran buah naga di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang tidak efisien karena kurang meratanya harga pasar dan kurang meratanya saluran pemasaran pada lembaga pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 05 Oct 2017 06:28
Last Modified: 05 Oct 2017 06:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo