UMM Institutional Repository

CITRA JURNALIS DIKALANGAN MAHASISWA TENTANG IDEALISME JURNALISTIK DAN PRAGMATISME POLITIK (Studi pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang)

Wiranata, Dodi Andre (2017) CITRA JURNALIS DIKALANGAN MAHASISWA TENTANG IDEALISME JURNALISTIK DAN PRAGMATISME POLITIK (Studi pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodiandrew-48980-1-pendahul-n.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodiandrew-48980-2-babi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodiandrew-48980-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodiandrew-48980-4-babiii.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Citra jurnalis bagi sebagian orang masih mempertanyakannya terkait dengan pemberitaan-pemberitaan yang berbau dengan politik. Media A dan media B terkadang memberitakan satu sama lain sangat berbeda dengan dasar perbedaan angle yang diambil. Pemilik media yang sekaligus politisi menjadikan tingkat kepercayaan dari media menjadi diragukan apalagi ketika pemberitaan tersebut berkaitan dengan pemberitaan politik ataupun klarifikasi dari politisi terkait dengan kasus dan isu yang sedang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan citra jurnalis terkait idealisme jurnalistik dan pragmatis politik dari sudut pandang mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif naturalistik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 4 (empat) mahasiswa/i ilmu komunikasi dengan konsentrasi penjurusan jurnalistik Universitas Muhammadiyah Malang yang sudah atau masih melakukan kegiatan kejurnalistikan baik berupa magang dan organisasi yang ada didalam maupun diluar kampus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil kesimpulan dari penelitian, diketahui bahwa adanya pragmatis politik dalam media membuat citra jurnalis menjadi kurang baik. Intervensi dari pemilik media menjadikan faktor utama sehingga jurnalis tidak dapat menegakkan idealismenya untuk menjalankan kode etik jurnalistik. Faktor kekhawatiran jurnalis terhadap kesejahteraannya dalam memenuhi kebutuhannya juga menjadi faktor dari dalam diri jurnalis sehingga mereka tidak dapat menegakkan idealismenya dalam menjalankan kode etiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Sep 2017 10:31
Last Modified: 18 Sep 2017 10:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo